androidvodic.com

Mundur Pencalonan Pj Bupati Subang, Kolonel Dedy Yulianto Pilih Tetap Berkarir di TNI, Ini Alasannya - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Perwira menengah TNI Angkatan Udara, Kolonel Kal Dedy Yulianto jadi salah satu nama yang diusulkan sebagai Penjabat (Pj) Bupati Subang oleh DPRD Subang.

Nama Kolonel Dedy Yulianto didukung oleh sejumlah fraksi di DPRD Subang, diantaranya Golkar (9), Gerindra (6), PKB (6), PAN (5), dan Demokrat (2) atau melebihi kuorum dari total 50 anggota dewan.

Namun Dedy memilih tetap fokus berkarir di TNI, sehingga memilih mundur dari pencalonan tersebut. Sebagai informasi Dedy sebelumnya menjabat sebagai Staf Ahli Bidang Komsos Koopsud III Papua sejak tahun 2020 - 2023.

Baca juga: Tiba di Gedung KPK, Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso Bungkam

Setelah dari Papua, Dedy bergeser ke Mabes AU dan tengah menunggu serah jabatan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Hubungan Masyarakat di Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Keputusan mundur ini diambil Dedy lantaran karirnya yang masih panjang dengan usia pensiun militer 10 tahun lagi.

"Karena waktu mengembangkan karir di militer masih panjang dengan usia pensiun masih 10 tahun lagi," ungkap Dedy dalam keterangannya, Senin (13/11/2023).

Apalagi ia turut mempertimbangkan aturan yang tertuang dalam pertimbangan hukum putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 15/PUU XX /2022 soal pengunduran diri dari kedinasan bagi anggota TNI/Polri aktif yang menjabat Pj kepala daerah, kecuali bermutasi jadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Baca juga: Fakta Baru Yayasan yang Diduga jadi Pemicu Kasus Subang, Didirikan Yosep di Tanah Milik Mimin

Atas pertimbangan ini, Dedy memilih untuk tetap berkarir di TNI, dan mengundurkan diri dari pencalonan Pj Bupati Subang.

Ia mengatakan pertimbangan untuk terjun ke dunia politik atau pemerintah akan dipikirkan setelah dirinya pensiun di usia 58 tahun.

"Pertimbangan tersebut untuk terjun ke dunia pemerintahan dan politik akan dipikirkan kemudian hari bilamana saatnya akan pensiun pada usia 58 tahun," ungkap dia.

Dedy sendiri sebenarnya punya pengalaman kedinasan di Kabupaten Subang. Ia pernah berdinas di Lanud Surya Darma Subang saat berpangkat Kapten dan Mayor tahun 2009 - 2010, kemudian berdinas di Wingdiktekkal Kalijati Subang sebagai Kadis Logistik Wing saat berpangkat Letnan Kolonel pada periode 2015 - 2017.

Dirinya saat ini tinggal di Subang bersama istrinya, Elita Budiarti yang juga pimpinan DPRD Subang dan Ketua DPD Golkar. Elita maju Pileg 2024 untuk dapil IX Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat