androidvodic.com

Krisis Air Bersih di Beberapa Wilayah Provinsi Banten Jadi Perhatian Sektor Privat - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Pemerintah Provinsi Banten menetapkan status darurat kekeringan di beberapa wilayah Provinsi Banten, yaitu Kabupaten Serang, Lebak, dan Tangerang.

Status darurat kekeringan berlaku sejak 19 September 2023 yang diakibatkan kemarau panjang efek dari El Nino.

Masyarakat Banten yang berada di lokasi kekeringan kesulitan mendapatkan air bersih untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari karena melihat kondisi air yang tidak memungkinkan.

Melihat kondisi Provinsi Banten pada saat ini memasuki status darurat kekeringan, membuat PT Krakatau Tirta Industri (KTI) yang bergerak pada bidang pengolahan air bersih ikut andil menanggulangi permasalahan yang ada.

KTI mengirimkan pasokan air bersih di beberapa wilayah Provinsi Banten, khususnya di Kota Cilegon, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Pandeglang.

Direktur Utama PT Krakatau Tirta Industri Pria Utama mengatakan, pasokan air bersih ini bentuk kepedulian terhadap masyarakat Banten yang saat ini sedang mengalami kekeringan di beberapa wilayah.

"Air bersih merupakan kebutuhan dasar untuk memenuhi kehidupan makhluk hidup. Penggunaan air bersih berpengaruh terhadap kesehatan tubuh," ujar Pria Utama, Selasa (12/12/2023).

"Kemarau panjang tengah terjadi mengakibatkan banyak sumber air yang mengering, hingga pasokan air berkurang drastis," tambahnya.

Dalam memberikan bantuan air bersih, PT KTI berkolaborasi dengan PT Krakatau Sarana Properti (KSP) untuk warga di beberapa wilayah yang telah didistribusikan untuk Kabupaten Serang yakni Kp. Kedung Banteng, Kec. Bojonegara, Kp. Singarajan, Kec. Pontang, Kp. Kebuyutan, Kec. Tirtayasa,
Kp. Pegadungan, Kec. Tanara, dan lainnya.

Untuk Kabupaten Pandeglang, air bersih telah didistribusikan ke wilayah Ds. Surianeun, Kec. Patia Pandeglang, Kp. Carenang, Ds. Ciawi, Kec. Patia Pandeglang dan beberapa daerah lainnya.

Sedangkan untuk di Kota Cilegon, PT KTI telah mendistribusikan air bersih di wilayah Kp. Sukajadi, Kp. Gerem, Kec. Pulomerak, Kp. Pecek, Kec. Jombang, dan wilayah lainnya.

PT KTI dan PT KSP sudah memberikan bantuan air bersih sejak bulan September sampai dengan bulan November Tahun 2023 terhitung sebanyak 105 tangki dengan total 600.000 liter sudah didistribusikan ke beberapa kecamatan/kota yang berada di Provinsi Banten.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat