androidvodic.com

Keluarga Wakili Wisuda 2 Mahasiswa UNP yang Jadi Korban Tewas Erupsi Gunung Marapi - News

News, ADANG - Siska Afrina (22) dan Frengki Candra Kusuma (23) diwakili keluarga saat wisuda di Universitas Negeri Padang (UNP) di Auditorium UNP, Air Tawar, Kota Padang, Senin (18/12/2023).

Keduanya tidak sempat mengenakan toga wisuda karena menjadi korban tewas bencana Erupsi Gunung Marapi pada Minggu (3/12/2023).

Penyerahan ijazah dan toga diserahkan langsung Rektor UNP Prof Ganefri.

Baca juga: Sosok Zhafirah Zahrim Febrina, Pendaki Gunung Marapi yang Meninggal, Sempat Viral Tubuh Penuh Abu

Pada momen wisuda keluarga korban juga mendapatkan bantuan santunan dari BKSDA Sumbar. Mereka datang dengan membawa foto Siska Afrina dan Frengki Candra Kusuma.

Suasana haru dan tangisan mewarnai wisuda. Keluarga korban tampak disalami Rektor UNP dan Bupati Lima Puloh Kota Safaruddin.

"Frengki ibu kuat," terdengar rintih ibu Frengki Candra Kusuma.

Sebelum menyampaikan sambutan, Prof. Ganefri sempat mengajak para hadirin mendoakan korban erupsi Gunung Marapi.

"Marilah sejenak kita berdoa menurut agama dan keyakinan kita masing-masing, bagi korban erupsi Gunung Marapi, Minggu tanggal 3 Desember 2023, terkhusus bagi empat orang mahasiswa UNP dan dua orang alumni UNP," kata Prof Ganefri dalam sambutannya.

Ia mengatakan keempat orang mahasiswa, yakni Frengki Candra Kusuma dan Siska Afrina yang keduanya merupakan mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Non Formal FIP yang sedianya merupakan bagian dari lulusan wisuda periode ke-133 UNP yang akan dilaksanakan hari ini.

"Sementara dua orang lainnya adalah Reyhani Zahra Fadli merupakan mahasiswa baru dari Prodi S1 Keperawatan FPK dan Liarni mahasiswa Prodi S1 Tata Rias dan Kecantikan FPP," katanya.

Baca juga: Dipanggil Polda Sumbar terkait Erupsi Gunung Marapi, PVMBG Minta Dijadwalkan Ulang 20 Desember 2023

Selain mahasiswa UNP, dua orang alumni UNP juga menjadi korban erupsi Gunung Marapi.

Di antaranya Nurfa Afitri, alumni Teknik Elektronika FT angkatan 2015 dan Bripda Muhammad Iqbal, alumni Prodi S1 Geografi FIS yang juga seorang anggota Polda Sumbar.

"Untuk mereka semua, sejenak kita mengirimkan Al Fatihah dan semoga almarhum dan almarhumah menjadi Ahlul Jannah. Amin ya Rabbal 'Alamin," katanya.

Prof. Ganefri mengatakan pada upacara wisuda periode ini, Universitas Negeri Padang mewisuda sebanyak 2.026 orang yang lulusan digelar dua hari sejak Minggu (17/12/2023).

Penulis: Rima Kurniati

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul Dua Mahasiswa UNP Korban Erupsi Marapi Diwisuda Hari Ini, Diwarnai Haru dan Tangisan

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat