androidvodic.com

Meninggal di Maldives karena Sakit Jantung, Jenazah PMI Ni Ketut Juli Sudah Berada di Bangli Bali - News

News, BANGLI - Ni Ketut Juli Setiawati (20), seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Banjar Serai, Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut, Bangli, Bali meninggal dunia di Maldives.

Sabtu (16/12/2023) pekan lalu, jenazah Ni Ketut Juli Setiawati sudah diserahkan kepada pihak keluarga.

Penyerahan jenazah dihadiri staf Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Perbekel Penglumbaran, Kadus Serai, Babinsa dan Babinkamtibmas.

"Sudah dilaksanakan serah terima jenazah Ni Ketut Juli Setiawati kepada pihak keluarga. Yang bersangkutan diketahui bekerja di salah satu restoran di negara Maldives," ujar Kepala Dinas Koperasi UMKM, dan Tenaga Kerja Bangli, Ni Ketut Wardani, Minggu (17/12/2023).

Baca juga: Wapres Maruf Amin Minta Malaysia Tingkatkan Perlindungan Terhadap Pekerja Migran Indonesia

Ni Ketut Wardani menjelaskan, di dalam peti jenazah wanita itu terdapat pula dokumen resmi dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Colombo terkait identitas.

Dokumen lainnya menerangkan penyebab kematian Ketut Juli.

Dia mengatakan, di dokumen tersebut menyatakan Juli meninggal karena sakit jantung.

"Dokumen itu berbahasa asing. Setelah diterjemahkan, diketahui bahwa Ni Ketut Juli meninggal karena sakit jantung," ungkapnya.

Kabar kematian Ni Ketut Juli disampaikan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Colombo kepada Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) serta diteruskan kepada Dinas Koperasi UMKM, dan Tenaga Kerja Bangli serta pihak keluarga.

Saat mendapat kabar tersebut, Wardani belum bisa memastikan penyebab meninggalnya Ketut Juli. Kata dia, jenazah Ketut Juli sudah diautopsi.

"Kalau sudah resmi ada dokumennya, baru kami pastikan meninggalnya karena apa. Menurut informasi dari pihak keluarga, dia berangkat sejak setahun lalu," ujarnya.

Baca juga: Alami Kesulitan Hidup di Saudi, Pemulangan Pekerja Migran Indonesia Asal Sumedang Dibantu Lazisnu

Berangkat Lewat Agen Resmi

Informasinya, Ni Ketut Juli berangkat ke Maldives melalui agen resmi secara mandiri. Ia bekerja di luar negeri sejak setahun lalu.

"Atas kabar duka ini, pihak keluarga dengan ikhlas menerima kematian almarhum," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja Bangli, Ni Ketut Wardani.

Sementara itu, Kepala Dusun Serai, Desa Penglumbaran, Kecamatan Susut, Bangli, I Nyoman Artana mengungkapkan, usai dilakukan serah terima jenazah dan juga pembacaan penyebab kematian Ni Ketut Juli, selanjutnya dilakukan rembug antara keluarga dengan pihak adat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat