androidvodic.com

Jokowi Ingin IKN Jadi Ibu Kota Paling Hijau - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa dirinya selalu menekankan untuk membangun green building di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal itu disampaikan Jokowi saat melakukan groundbreaking Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) IKN di Kalimantan Timur, Rabu, (20/12/2023).

"Karena memang ke depan selalu saya tekankan pada siapapun yang membangun di IKN, gedungnya harus gedung hijau green building, kemudian lingkungan yang hijau," kata Jokowi.

Baca juga: Besok Presiden Jokowi Akan Groundbreaking Sejumlah Proyek di IKN, Apa Saja?

Pemerintah kata Presiden akan menghijaukan IKN. Sehingga IKN menjadi kawasan hijau mulai dari bangunan hingga lingkungannya.

"Sekali lagi agar kawasan yang ada di IKN ini menjadi sebuah kawasan yang sangat hijau yang di negara manapun tidak dijumpai ibu kota yang sehijau Nusantaara ini," katanya.

Salah satu upaya yang dilakukan, kata Jokowi yakni penghutanan kembali atau reforestasi. Melakukan penghijauan kembali kawasan IKN dengan penanaman pohon-pohon endemik.

Baca juga: Pembangunan IKN Fase 3 Dimulai Pekan Depan, Investasi Mencapai Rp10 Triliun

Rumah Sakit yang dibangun di kawasan hijau IKN juga kata Jokowi, diharapkan dapat membantu proses penyembuhan atau pengobatan. Seperti penyakit jantung dan stroke yang menjadi konsentrasi RSUP IKN.

"Kalau kita melihat kehijauan di sini oksigennya banyak mestinya pikirannya senang strokenya menjauh lah menurut saya, jantungnya juga menjauh karena suasananya di sini adalah suasana hijau," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat