androidvodic.com

300 Lampion Diterbangkan dari Kawasan Candi Borobudur, Beri Pesan Perdamaian - News

Laporan Wartawan Tribun Jateng Yuwantoro Winduajie

News, MAGELANG - Ratusan lampion diterbangkan menghiasi

Langit malam di kawasan Candi Borobudur  Magelang Jawa Tengah dipenuhi lampion yang diterbangkan.

Ratusan lampion ditererbangkan dalam acara Mahasanghadana Pabbajja Samanera Sementara pada Sabtu (23/12/2023).

Sebelum diterbangkan, ratusan umat Buddha dari berbagai wilayah menjalani prosesi penyalaan lilin yang merupakan satu persembahan kepada Sang Buddha, melambangkan penerangan dengan segala ketulusan hati, penuh hormat, dan bakti.

Baca juga: Perhutani dan BPOB Sinergi Kembangkan Wisata Menoreh View Borobudur

Melalui penyalaan lilin dan penerbagangan lampion tersebut juga tersirat harapan bagi umat Buddha atas terwujudnya perdamaian dunia.

"Kami ingin menyalakan lilin kedamaian sehingga dari satu orang bisa menerangi banyak orang di sekelilingnya dan menerangi dunia dengan kedamaian dan perdamaian dunia," ujar Ketua Panitia Pabbajja Samanera Sementara, Fatmawati, Sabtu (24/12/2023).

Fatmawati mengungkapkan, ada sekitar 300 lampion yang diterbangkan yang sekaligus menjadi suguhan bagi umat Buddha dari berbagai negara yang datang ke Candi Borobudur seperti Singapura, Tiangkok, Malaysia, Singapura, Vietnam, Laos dan Kamboja.

"Kita berharap tamu-tamu asing yang telah datang mendukung acara kita hari ini dapat berbahagia dan membawa kebahagiaan ini ke negaranya masing-masing," jelasnya,

Salah satu peserta, Imelda (46) yang datang bersama sejumlah rekannya dari Semarang mengaku senang mengikuti prosesi penerbangan lampion . Terlebih hal itu merupakan pengalaman pertama baginya.

 Dia pun sempat menyematkan harapan sebelum menerbangkan lampion .

"Senang banget bisa berada di sini, ini pengalaman yang luar biasa. Berharap di 2024 kita jadi tambah semuanya ya, tambah baik, tambah sukses, suasana politik di Indonesia juga semakin damai," jelasnya.

Sementara Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Ahmad Dasuki mengatakan, pihaknya mendukung terselenggaranya kegiatan ini. 

Acara tersebut akan terus dikembangkan sehingga dapat menjadi magnet kedatangan wisatawan.

Terlebih Candi Borobudur juga telah dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata super prioritas.

"Saya sudah diskusi bagaimana ke depan ini, pengemasan acaranya juga lebih bagus lagi sehingga banyak wisatawan yang akan datang lagi ke acara-acara seperti ini," ujarnya. ( Tribunjogja.com )

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Nyalakan Pesan Perdamaian Dunia, Ratusan Lampion Terangi Langit Borobudur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat