androidvodic.com

Jalur Puncak Bogor Ditutup Total Mulai Pukul 18.00 WIB Saat Perayaan Malam Tahun Baru 2024 - News

News, BOGOR - Kepolisian melakukan penutupan Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat untuk mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas  pada saat malam pergantian tahun atau malam tahun baru 2024.

"Untuk persiapan malam tahun baru sendiri, kita akan mempersiapkan kegiatan pengalihan arus, dimana pada pukul 18:00 WIB kita akan melakukan pengalihan arus," kata Wadirlantas Polda Jabar, AKBP Edwin Afandi, kepada wartawan, Minggu (31/12/2023).

Dengan adanya penutupan tersebut ia menyarankan agar pengendara yang akan ke Sukabumi maupun Cianjur untuk menggunakan jalan alternatif.

"untuk kendaraan yang akan mengarah ke kawasan wisata puncak kita akan mengalihkan ke Cianjur lewat Jonggol, Cariu. Untuk yang ke Sukabumi kota kita akan alihkan, Cibadak dan Sukabumi kota," ujarnya.

Baca juga: Khusus Malam Tahun Baru 2024, LRT Jabodebek Beroperasi Hingga 02.00 WIB

Lanjut dia, menjelang malam pergantian tahun terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang memasuki Jalan Raya Puncak Bogor.

"Masih ada peningkatan diangka 5 sampai 10 persen, peningkatan jumlah pengunjung ke kawasan wisata puncak," ujarnya.

Ia mencatat selama 4 hari kebelakang puluhan ribu kendaraan berbondong-bondong menuju kawasan wisata Puncak Bogor.

"Arus lalu lintas dari tanggal 26 Desember sampai dengan dengan kemarin tanggal 30 Desember terus mengalami peningkatan, setiap harinya sekitar 40 ribu kendaraan yang masuk ke kawasan wisata Puncak sesuai dengan traffic lighting yang kita lakukan," katanya.

Baca juga: Penyanyi Jesenn Curhat Bahagia, Sekarang Lebih Bisa Merasakan Vibes Tahun Baru

Sementara itu, menjelang penutupan total, Jalan Raya Puncak Bogor alami penurunan volume kendaraan.

"Sebelum nanti kami melaksanakan dan pengalihan arus di pukul 18.00 WIB, untuk kendaraan yang menuju kawasan Puncak itu kendaraan yang sudah memasuki kawasan Puncak terpantau mulai berkurang," kata KBO Satlantas Polres Bogor, Iptu Ardian Novianto, Minggu (31/12/2023).

Lebih lanjut ia juga mengatakan persimpangan di Jalan Raya Puncak Bogor yang biasanya menjadi titik kemacetan, saat ini kondisinya lengang dan terpantau normal.

"Sehingga sore hari ini per pukul 15.45 WIB cenderung di titik-titik kemacetan seperti Pasir Muncang, Megamendung, dan Pasar Cisarua, cenderung normal lancar, tidak terlalu ada antrean yang panjang. Kendaraan bergerak, kecepatan konstan 5-20 kilometer per jam," lanjutnya.

Menjelang penutupan arus lalu lintas yang akan berlangsung dalam satu jam nanti pihaknya mengimbau agar para wisatawan ataupun warga lokal Puncak Bogor untuk tidak dapat berkendara di Jalan Raya Puncak Bogor terlebih dahulu.

"Pada saat kami laksanakan Car Free Night atau malam tanpa kendaraan di pukul 21.00-01.00 WIB, diharapkan wisatawan atau warga lokal puncak tetap stay di rumah atau lokasi-lokasi tempat menginap sehingga tidak berkendara di jalur utama pada saat kami melaksanakan car free night," paparnya.

Meskipun ada car free night, pihak kepolisian mengizinkan beberapa kendaraan yang melintas terutama kendaraan darurat seperti ambulans dan mobil pemadam kebakaran.

"Betul, kendaraan yang dikecualikan itu ambulans, pemadam kebakaran dan juga kendaraan dinas kepolisian yang patroli," tandasnya.

Penulis: Wahyu Topami

Artikel ini telah tayang di TribunnewsBogor.com dengan judul PERHATIAN! Jalan Raya Puncak Bogor Malam Tahun Baru 2024 Ditutup Total Mulai Jam 6 Sore

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat