androidvodic.com

2 Kecamatan di Rokan Hilir Terdampak Banjir, Ratusan KK Mengungsi - News

News - Banjir melanda Kabupaten Rokan Hilir, Riau.

Dua kecamatan di Kabupaten Rohil pun terdampak banjir.

Bahkan, ketinggian air mencapai 30-80 sentimeter.

Dua kecamatan yang terendam banjir itu yakni Kecamatan Pujud, tepatnya di Kelurahan Pujud Selatan dan Desa Sei Kapas, Kecamatan Rantau Kopar.

Komandan Satuan Brimob Polda Riau Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho melalui Komandan Batalyon (Danyon) B Pelopor, Kompol Rokhani Akbar menyebut, untuk di Kelurahan Pujud Selatan, ada 160 KK yang terdampak banjir.

Tak hanya rumah warga, 2 bangunan juga terkena banjir. Keduanya yaitu Pasar Siti Mariam dan Pasar Getah Pujud Selatan.

Baca juga: Viral Parkiran Basemen Apartemen Serpong Cisauk Banjir Akibat Tanggul Jebol, Puluhan Mobil Terendam

"Ketinggian debit air mengalami peningkatan menjadi 80 centimeter," kata Kompol Rokhani, Selasa (2/1/2023).

Ia menuturkan, pihaknya melakukan patroli ke rumah-rumah warga yang terdampak banjir. Untuk mengetahui kondisi masyarakat dan memberikan bantuan.

"Kita membantu masyarakat untuk memindahkan barang yang terendam akibat banjir ke tempat yang lebih aman," jelas Rokhani.

Sementara untuk di Desa Sei Kapas, Kecamatan Rantau Kopar, ada 2 dusun yang terdampak banjir.

Antara lain, Dusun Pematang Meranti, dengan total 102 KK terdampak, serta Dusun Terusan, dengan total 65 KK yang terdampak banjir.

Diterangkan Rokhani, banjir juga merendam sekolah dasar negeri 006, TK Aisyah, kantor penghulu, sanggar seni dan perpustakaan.

Rokhani berujar, jalan yang menghubungkan Kepenghuluan Sei Kapas dan Sei Keladi, terputus akibat derasnya arus air. Jalan sementara tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

"Untuk itu kita membantu mobilisasi masyarakat dan kendaraan roda 2 yang hendak melintas," ucapnya.

Untuk antisipasi hal yang tidak diinginkan kata Rokhani, pihaknya juga telah memasang plang larangan melintas. Lantaran kondisi luapan arus sungai terbilang cukup deras.

"Kita juga telah memasang tenda di lokasi banjir. Kemudian membuka tempat kesehatan untuk pengobatan massal, bekerjasama dengan Dinas Kesehatan," ungkapnya.

Sampai saat ini Rokhani menambahkan, banjir di Desa Sei Kapas mencapai 30 centimeter atau selutut orang dewasa.

Artikel ini telah tayang di TribunPekanbaru.com dengan judul Ratusan KK di 2 Kecamatan di Rohil Terdampak Banjir, Brimob Dirikan Tenda Darurat dan Bantu Evakuasi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat