androidvodic.com

PVMBG Catat Jumat hingga Pukul 06.00 WIB Terjadi 7 Kali Gempa Hembusan Gunung Marapi - News

News, BUKITTINGGI - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat adanya 7 kali gempa hembusan Gunung Merapi pada Jumat (12/1/2024) pukul 00:00 - 06:00 WIB pagi ini.

"PVMBG juga mencatat adanya 7 kali gempa hembusan, 1 kali gempa vulkanik dalam, 3 kali gempa tektonik lokal, dan 1 kali gempa tektonik jauh," kata Kepala Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Marapi Ahmad Rifandi, Jumat (12/1/2024).

Baca juga: Sabtu Pagi Gunung Marapi Erupsi, Warga Dengar Dentuman Keras, Rumahnya Bergetar 

Ahmad Rifandi mengatakan, aktivitas Gunung Marapi pukul 00:00-06:00 WIB terpantau asap kawah berwarna putih kelabu dengan intensitas tebal dan tinggi mencapai 400 meter di atas puncak kawah.

PVMBG melaporkan bahwa aktivitas Gunung Marapi di Sumatra Barat masih berada pada level III (Siaga).

PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Marapi dan pendaki/pengunjung/wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan kegiatan di dalam wilayah radius 4,5 kilometer dari pusat erupsi (Kawah Verbeek) Gunung Marapi.

Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah/aliran/bantaran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Marapi juga diminta untuk selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan.

"Jika terjadi hujan abu, masyarakat diimbau untuk menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari gangguan saluran pernapasan (ISPA), serta perlengkapan lain untuk melindungi mata dan kulit," imbaunya.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk mengamankan sarana air bersih serta membersihkan atap rumah dari abu vulkanik yang tebal agar tidak roboh.

Baca juga: Erupsi Gunung Marapi Tak Pengaruhi Aktivitas Penerbangan di Bandara Internasional Minangkabau

Pemerintah Daerah Kota Bukit Tinggi, Kota Padang Panjang, Kabupaten Tanah Datar, dan Kabupaten Agam juga diminta untuk senantiasa berkoordinasi dengan PVMBG untuk mendapatkan informasi langsung tentang aktivitas Gunung Marapi.

Masyarakat, instansi pemerintah, maupun instansi terkait lainnya dapat memantau perkembangan aktivitas maupun rekomendasi Gunung Marapi melalui aplikasi android Magma Indonesia, website Magma Indonesia, dan media sosial PVMBG.

Artikel ini telah tayang di TribunPadang.com dengan judul Gunung Marapi Hari Ini: PGA Pantau Asap Kawah Membubung 400 Meter di Atas Puncak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat