androidvodic.com

Korban Tanah Longsor di Kampung Cipondok Subang Pulang ke Rumah, Pasokan Air Bersih Warga Teratasi - News

Laporan Wartawan Tribun Jabar Ahya Nurdin

News,  SUBANG - Sempat mengungsi, puluhan warga korban tanah longsor di Kampung Cipondok, Desa Pesanggrahan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang sudah kembali ke rumah masing-masing.

Kepala Pelaksana BPBD Subang, Udin Jazudin, mengatakan, dari 45 kepala keluarga yang totalnya 138 jiwa yang semula mengungsi di Majlis Taklim sudah meninggalkan tempat pengungsian dan kembali ke rumah masing-masing.

“Semuanya sudah kembali ke rumah masing-masing. Karena keadaan sudah kembali normal dan mereka meminta untuk pulang agar bisa kembali aktivitas seperti biasa,” kata Udin kepada Tribun Jabar, Senin (15/1/2024).

Kendati demikian, Udin meminta kepada para warga agar tetap waspada dan antisipasi jika kemungkinan terjadi potensi longsor susulan.

"Jika hujan deras, alangkah lebih baik berteduh ke tempat yang lebih aman untuk sementara dan tidak tinggal di rumah demi mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan bersama," ucapnya

Diketahui dalam peristiwa bencana tanah longsor di Kampung Cipondok Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, Minggu(7/1/2024) menelan 2 korban jiwa, 11 Luka-luka dan 3 unit warung, serta 9 unit motor tertimbun.

Baca juga: Longsor di Kawasan Wisata Mata Air Cipondok Subang, Pemilik Obyek Wisata dan 2 Pemilik Warung Hilang

Selain itu juga merusak 1 hektar lahan sawah dan obyek wisata kolam mata air Cipondok rata tertimbun longsor.

Kejadian longsor membuat warga kesulitan  mendapatkan air bersih lantaran longsor membuat pipa Perumda Air Minum Tirta Rangga (PDAM) Subang terputus hingga berdampak aliran air PDAM kepada sekitar 10.000 pelanggan.

Namun PDAM Subang bergerak cepat untuk memastikan kebutuhan air bersih.

"Kami berupaya memulihan distribusi air bersih kepada masyarakat di tiga kecamatan, yaitu Jalan Cagak, Cisalak, dan Kasomalang," tutur Direktur Utama Perumda Tirta Rangga Lukman Nurhakim.

Ratusan Warga Cipondok Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, saat mengungsi di Majlis ta'lim usai terjadi longsor.
Ratusan Warga Cipondok Desa Pasanggrahan Kecamatan Kasomalang Kabupaten Subang, saat mengungsi di Majlis ta'lim usai terjadi longsor. (Tribun Jabar/ Ahya Nurdin)

Adapun air bersih itu didapatkan dari sumber pabrik aqua yang sudah tidak terpakai lagi untuk dialirkan ke saluran PDAM sehingga masyarakat Kabupaten Subang pelanggan PDAM Tirta Rangga kembali mendapatkan air bersih di rumah masing-masing.

Hal itu sejalan dengan arahan dari Pjs Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin dan Pjs Bupati Subang DR Imran pada saat meninjau lokasi longsor pada 8 Januari 2024.

Senior External Relations Manager Danone Aqua Murtijo Utomo mengatakan, pihaknya mengalirkan air bersih kepada masyarakat Kampung Cipondok yang terdampak langsung dengan bencana longsor tersebut pada 11 Januari 2024.

“Ada sekitar 138 jiwa di kampung Cipondok yang betul-betul membutuhkan air bersih pada saat ini dan kami bersama masyarakat setempat bergotong royong menyambung pipa dan mengalirkan air dari mata air terdekat ke pemukiman Kampung Cipondok,” kata Murtijo.

Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Seminggu Pasca-Longsor Cipondok Subang, Pengungsi Sudah Kembali ke Rumah, Waspada Longsor Susulan dan  Tribunpriangan.com dengan judul Pipa-pipa Dipasang di Daerah Longsor Cipondok Subang, Alirkan Air Bersih Buat Korban Terdampak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat