androidvodic.com

Jaga Stabilitas Kebutuhan Pokok, Pemprov Kalteng Buka Pasar Penyeimbang di Kotawaringin Timur - News

News - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran dan Wagub Edy Pratowo membuka Pasar Penyeimbang di beberapa lokasi yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur, Minggu (21/1/2024).

Kegiatan Pasar Penyeimbang ini dilaksanakan untuk menjaga stabilitas harga bahan kebutuhan pokok yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Pasar Penyeimbang yang pertama berlokasi di Kantor Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang. Masyarakat setempat tampak antusias menunggu dibukanya Pasar Penyeimbang tersebut sejak pukul 8 pagi, sedangkan acara dimulai pukul 13.30 siang.

"Pasar Penyeimbang ini adalah Program Pemprov Kalteng dalam mengendalikan inflasi dan mengurangi beban masyarakat khususnya yang terdampak inflasi yang masih berlangsung hingga saat ini, meskipun inflasi di Kalteng cukup terkendali dan termasuk salah satu provinsi terendah inflasi," ujar Wagub Edy Pratowo.

Baca juga: Pemprov Kalteng Raih Anugerah KIP Kategori Pemerintah Provinsi Informatif

Wagub menyebut, pada Pasar Penyeimbang di Kecamatan Baamang ini disediakan 4500 paket sembako senilai Rp150 ribu per paket, tetapi disubsidi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebesar Rp130 ribu, sehingga keseluruhan hanya Rp20 ribu.

"Namun demikian, Bapak Gubernur akan memberikan subsidi lagi secara pribadi senilai 20 ribu rupiah per paket, sehingga paket sembako ini gratis," sambungnya.

Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran menambahkan, kedatangan Gubernur dan rombongan ini sebagai tanda kasih Gubernur kepada masyarakat Kotawaringin Timur khususnya Kecamatan Baamang Tengah.

Ia menekankan, peran Posyandu dalam mengurangi stunting dan makanan tambahan lainnya sangat diperlukan agar anak-anak Kalteng tumbuh sehat dan kuat.

"Banyak jalan yang dapat dilakukan, apalagi Kalteng memiliki kekayaan alam yang berlimpah, kuncinya niat dan kegigihan, serta jangan lupa berdoa," imbaunya.

Dalam momen tersebut, Gubernur memberikan bantuan stimulan modal usaha kepada beberapa perempuan produktif untuk menjalankan usahanya.

Baca juga: Gubernur Kalteng H. Sugianto Sabran Fokus Kendalikan Inflasi, Gelar Pasar Penyeimbang.

Sementara dalam Pasar Penyeimbang kedua berlokasi di Kantor Kelurahan Ketapang, Kecamatan Ketapang. Masyarakat Ketapang pun terlibat antusias menunggu dibukanya Pasar Penyeimbang tersebut sejak pukul 8 pagi, sedangkan acara dimulai pukul 14.45 siang. Mereka menyambut gembira kehadiran Gubernur beserta rombongan dan berharap Program Pasar Penyeimbang dapat berlanjut untuk meringankan beban masyarakat.

Wagub menjelaskan, kedatangan Gubernur dan rombongan ke Kabupaten Kotawaringin Timur ini dalam rangka menjalin silaturahmi sekaligus untuk memastikan keadaan masyarakat secara langsung dan apa saja yang dirasakan khususnya dampak dari inflasi.

Bodytext Pemprov Kalteng 22124 sore
Warga tampak antusiasi dengan dibukanya Pasar Penyeimbang di beberapa titik lokasi.

"Di Kabupaten Kotawaringin Timur ini ada delapan kegiatan yang dilaksanakan, tujuh di antaranya adalah Pasar Penyeimbang. Bapak Gubernur ingin memastikan kebutuhan pokok masyarakat di sini tercukupi," ucapnya.

Wagub juga berpesan kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024 ini, untuk menjaga kekompakan dan juga kebersamaan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat