androidvodic.com

Penyebab Kecelakaan Beruntun di Simalungun, 6 Orang Tewas, Diduga Truk Tronton Rem Blong - News

News - Kecelakaan beruntun di Kelurahan Merek Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara mengakibatkan 6 orang tewas dan 5 luka-luka.

Kecelakaan yang terjadi pada Rabu (24/1/2024) berawal ketika truk tronton Mitsubishi bernopol BK 9957 CE pengangkut air mineral galon Aqua kehilangan kendali sehingga menabrak kendaraan lain.

Untuk mengungkap penyebab kecelakaan, Direktorat Lalu Lintas Polda Sumut melakukan olah TKP.

Proses olah TKP juga dibantu Dinas Perhubungan, Polres Simalungun dengan menggunakan aplikasi Traffic Accident Analysis (TAA).

TAA nantinya akan memberikan ilustrasi kecelakaan berbasis digital.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumut, Kombes Pol Muji Ediyanto mengatakan bahwa sumber kecelakaan disebabkan oleh salah satu kendaraan (Truk Tronton) pengangkut air mineral galon Aqua mengalami rem blong.

"Dan sekarang kita lakukan olah TKP menggunakan Traffic Accident Analysis (TAA) berbasis IT.

Ini di dalam rangka untuk memastikan kecelakaan kejadian akan merekam pada saat sebelum, ketika terjadi, dan setelah kejadian," kata Muji Ediyanto.

Muji menyampaikan bahwa hasil olah TKP berbasis TAA akan digunakan oleh Ditlantas Polda Sumut sebagai alat bukti untuk memperkuat penyidikan yang saat ini dilakukan.

Muji juga akan memberi masukan kepada Bupati Simalungun, bahwa titik yang menjadi lokasi kecelakaan beruntun merupakan jalan kurang bagus.

"Artinya memerlukan perbaikan. Ini jalan Provinsi. Nanti kami akan angkat ke Forum Lalu Lintas Provinsi. Masih minim rambu-rambu lalu lintas dan menurut warga sering kecelakaan di sini. Kita juga menilai perlu adanya rambu-rambu peringatan," jelasnya.

Baca juga: 5 Guru Tewas dalam Kecelakaan, SMKN 1 Siantar Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Kata Bupati

Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga menyesalkan kecelakaan maut terjadi di Jalan Siantar - Seribodolok tepatnya di Km 45, Kelurahan Merek Raya.

Bupati pun mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas musibah ini.

Bupati Radiapoh saat bertemu dengan Ditlantas Polda Sumut di lokasi TKP, mengatakan bahwa pihaknya menerima segala masukkan dari kepolisian untuk mencegah kecelakaan tak terjadi berulang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat