androidvodic.com

KKB Jadi Aktor Penembakan Pesawat Wing Air-Asian One di Papua - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, PAPUA - Polisi menyebut aktor penembakan pesawat Wings Air IW-1646 di saat mendarat di Bandara Nop Goliat Dekai, Kabupaten Yahukimo, Papua pada Sabtu (17/2/2024) merupakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Meski begitu, untuk pimpinan KKB di Yahukimo ini masih menjadi diselidiki oleh aparat gabungan Operasi Damai Cartenz.

"Iya (penembakan oleh KKB). KKB Yahukimo masih dalam penyelidikan," kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo saat dihubungi, Sabtu (17/2/2024).

Lalu, insiden penembakan lain yakni terhadap pesawat Asian One Air dengan seri PK-LTF di Bandara Milawak, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua Tengah, Jumat (16/2/2024) juga oleh KKB.

Meski begitu, dia belum mengatakan lebih lanjut soal penyerangan tersebut. Dia juga mengatakan jika saat ini belum ada penebalan personel untuk menjaga bandara buntut peristiwa penembakan itu.

"Iya (pesawat Asian One Air juga ditembak KKB). (Pengamanan) sementara aparat keamanan cukup," jelasnya.

Untuk informasi, pesawat Wings Air IW-1646 ditembak di sisi kiri pesawat saat bersiap untuk mendarat dari Runway 25 menuju ujung kali Brasa sekira pukul 13.20 WIT.

Benny mengatakan tidak ada korban jiwa dalam insiden penembakan tersebut. Namun, satu prajurit TNI menjadi korban luka akibat peristiwa tersebut.

"Meskipun tidak ada korban jiwa, penumpang bernama Pratu Ongen mengalami luka lecet akibat terkena pecahan dinding pesawat," ucapnya.

Saat ini, kata Benny, aparat gabungan yang tergabung dalam Operasi Damai Cartenz 2024 bersama personel Brimob Yon D dan Polres Yahukimo tengah memburu pelaku dengan menyisir di sekitar lokasi.

Sementata untuk pesawat Asian One Air diduga ditembak dari kelompok OTK yang berada di kampung Ambobra. 

Mereka menuruni kampung Ambobra ke kampung Julukoma Distrik Beoga dan melakukan aksi penembakan terhadap pesawat Asian one PK-LTF.

“Tembakan tersebut kemudian dibalas oleh Aparat Keamanan TNI-Polri sebagai tindakan hukum kepada OTK yang menembaki pesawat,” jelasnya.

Beruntung, kata Benny, tidak ada korban luka maupun korban jiwa akibat penembakan tersebut.

Baca juga: Pesawat Wings Air Ditembak Yahukimo Papua, Satu Prajurit TNI Terluka 

Dia hanya mengatakan badan belakang pesawat bagian kanan terkena satu tembakan dan tebus ke arah pintu belakang pesawat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat