androidvodic.com

Anggota KKB yang Rampas Senjata Api Polisi di Puncak Papua Tengah Ditangkap Setelah Sebulan Dicari - News

News, TIMIKA -  Jukius Tabuni (32), anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang terlibat dalam perampasan senjata polisi ditangkap.

Jukius ditangkap Satgas Operasi Damai Cartenz di Kampung Kago, Distrik Ilaga, pada Sabtu (2/3/2024).

Pelaku adalah warga  Kampung Yenggernok, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah. 

Baca juga: Aparat Kontak Tembak dengan KKB di Intan Jaya Papua, Satu Anggota TNI dan Warga Jadi Korban

Kepala Ops Damai Cartenz 2024, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan penangkapan barawal dari laporan masyarakat yang menginformasi tentang keberadaan Jukius Tabuni di Kampung Kago. 

"Jadi tim Satgas Ops Damai Cartenz-2024 segera merespons dengan melakukan penangkapan saat Jukius Tabuni sedang mengendarai sepeda motor dan berhenti di depan Kios Serba Murah,"ujar Faizal, Senin (4/2/2024).

Sementara Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz-2024, AKBP Bayu Suseno menambahkan, Jukius Tabuni ditangkap beserta barang bukti.

Adapun barang bukti yang diamankan yakni satu lembar  KTP atas nama Jukius Tabuni, dua unit HP merk Oppo warna biru tua dan Samsung lipat warna hitam, satu buah ATM Bank Papua, satu buah karabiner, satu buah dompet kulit buaya warna coklat, dan beberapa aksesoris lainnya.

Bayu Suseno menjelaskan, Jukius Tabuni terlibat dalam peristiwa perampasan senjata api anggota Pospol KP3 Udara Polres Puncak pada 1 Februari 2024.

Peristiwa ini terjadi ketika Kapos Pol KP3 Udara dan dua personelnya hendak mengantarkan kendaraan roda dua milik dinas BKD dari Bandara Ilaga menuju kompleks pasar menggunakan truk. 

Baca juga: Anggota KKB Papua Pelaku Penembakan Wings Air Ditembak Mati, 2 Lainnya Diringkus

"Saat tiba di lokasi kejadian, terjadi serangan oleh orang tak dikenal (OTK) yang cepat membuka pintu truk dan merampas senjata api," terang Bayu Suseno.

Kini  Jukius Tabuni sudah diamankan di Posko Ops Damai Cartenz-2024 wilayah Puncak untuk diperiksa lebih lanjut. 

"Yang pasti penangkapan ini merupakan respons cepat dari Satgas Damai Cartenz 2024 dalam upaya mengatasi keamanan di wilayah Ilaga dan juga bentuk komitmen aparat keamanan untuk melindungi masyarakat dari ancaman KKB," tandas Bayu Suseno. (*)

Penulis: Marselinus Labu Lela

Artikel ini telah tayang di Tribun-Papua.com dengan judul Anggota KKB Perampas Senpi Personel Pospol KP3 Polres Puncak Dibekuk, Begini Kronologinya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat