androidvodic.com

Kota Medan Memasuki Musim Kemarau, Suhu Tertinggi Capai 36,2 Derajat Celcius - News

News, MEDAN - Kota Medan memasuki musim kemarau. Bahkan suhu tertinggi hingga mencapai 36,2 derajat Celcius.

Dalam beberapa hari ini wilayah Kota Medan mengalami suhu panas yang cukup maksimum.

Prakirawan BBMKG Medan, Utami Al-Khairiyah mengatakan, musim kemarau terjadi pada awal dasarian ke II pada bulan Januari 2024.

"Suhu di Kota Medan tertinggi itu mencapai 36,2 celcius. Sementara berdasarkan catatan kami sejak 15-17 Maret suhu di Kota Medan 35,4 celcius," jelasnya, Senin (18/3/2024).

Baca juga: Petani Cabai di Bogor Rugi Puluhan Juta hingga Tak Panen Sama Sekali karena Kemarau Panjang

Menurut Utami, panasnya Kota Medan ini dikarenakan aliran udara yang bersifat divergen menghambat pertumbuhan awan-awan hujan.

"Selain itu kelembaban udara hingga pada lapisan atas juga rendah mencapai 30 persen. Sehingga uap air yang terkandung juga rendah, akibatnya potensi awan-awan hujan hujan berkurang," ucapnya.

Namun untuk wilayah sekitar pantai barat Sumut, kata Utami, masih berpotensi hujan ringan-sedang pada siang-malam hari.

"Untuk potensi cuaca dua hari ke depan masih diperkirakan hampir sama dengan hari ini dan masih ada potensi curah hujan dengan intensitas ringan," jelasnya.

Utami juga mengimbau agar masyarakat Kota Medan waspada terhadap hal-hal yang dapat memicu kebakaran.

"Mengingat cuaca yang masih cukup panas, kami imbau warga Medan yang banyak kegiatan di luar rumah, agar memperbanyak konsumsi air putih dan buah," ucapnya.

Baca juga: Kemarau Panjang Sebabkan Omset Pedagang Sayur di Pekanbaru Turun hingga 70 Persen

Dikatakannya, cuaca ini bersifat dinamis, sehingga masih berpotensi terjadinya gangguan gangguan cuaca di wilayah barat Sumatra, yang dapat menyebabkan kondisi cuaca kembali cukup labil dan dapat berubah sewaktu-waktu.

"Diharapkan peringatan dini yang disampaikan oleh BMKG dapat terus diikuti dan dicermati oleh para kepala daerah, Bupati dan Walikota dengan melalukan koordinasi melalui BPBD setempat dan selalu mengikuti informasi dari Balai Besar MKG Wilayah I Medan,"jelasnya.

Pihak pejabat pemerintah, kata Aryo bisa memantau cuaca melalui media sosial info BMKG Sumut, atau menghubungi layanan informasi Balai Besar MKG Wilayah I melalui call center 0821-6804-3653. (cr5/tribun-medan .com)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Cuaca di Kota Medan Panas Tertinggi 36,2 Celcius, BMKG Imbau Warga Waspada Hal Pemicu Kebakaran

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat