androidvodic.com

Simpan Serbuk Mercon, Pria di Kediri Ini Diringkus Polisi, Lebaran di Sel Tahanan - News

News - Seorang pria berinisial Ha (27) diamankan Unit Reskrim Polsek Ringinrejo.

Ha yang merupakan warga Desa Selodono, Ringinrejo, Kediri, Jawa Timur ini diringkus karena kedapatan menyimpan serbuk mercon atau petasan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolsek Ringinrejo, AKP Joko Suparno.

Pihaknya telah melakukan penyelidikan sebelum penangkapan dilakukan.

"Kami mendapatkan laporan bahwa yang bersangkutan ini dicurigai menyimpan serbuk mercon atau petasan. Kemudian kami menggelar penyelidikan dan sekarang sudah kami amankan," kata AKP Joko, Jumat (22/3/2024).

Untuk mengantisipasi adanya penggunaan petasan, petugas Unit Reskrim Polsek Ringinrejo sebelumnya melakukan patroli keliling dalam rangka operasi penyakit masyarakat (Pekat).

Kemudian mendapati laporan warga yang menyimpan serbuk mercon tersebut.

"Terduga pelaku kami amankan di kawasan Desa Sambi," terang AKP Joko.

Saat diamankan, petugas menemukan barang bukti berupa satu plastik warna putih berisi dua bungkus serbuk mesiu atau bubuk mercon seberat total 0,5 kilogram dan satu bungkus serbuk warna putih bahan campuran bubuk mercon seberat 0, 25 Kg.

Selain itu, diamankan pula satu batang stik kayu sepanjang 15 cm, satu sendok plastik, satu kotak mika bening, satu kotak mika warna kuning dan enam selongsong kertas mercon diameter 10 cm.

Saat diinterogasi, Ha mengaku bahwa petasan tersebut akan digunakan selama bulan puasa hingga lebaran nanti.

AKP Joko juga menyampaikan kepada masyarakat agar tidak memproduksi, memperjualbelikan dan menyalakan petasan.

Hal itu bertujuan untuk menghindari terjadinya ledakan dan kebakaran yang bisa mengakibatkan kerugian korban jiwa atau materil.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar tidak membuat ataupun menyalakan petasan karena sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain," ucap AKP Joko.

Sementara itu terduga pelaku Ha terjerat penyalahgunaaan atau membawa bahan peledak berupa obat mercon bubuk. Untuk Pasal yang disangkakan Pasal 1 (1) UU Darurat No. 12 Tahun 1951.

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Pemuda di Kediri Dibekuk Polisi, Rayakan Ramadan hingga Lebaran dengan Mercon, Simpan Bubuk Mesiu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat