androidvodic.com

58 Ribu Kendaraan Lewati Jalur Tol Solo-Jogja pada Arus Mudik Lebaran 2024 - News

News - Sebanyak 58.702 kendaraan melewati Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo (Jogja-Solo) Ruas Colomadu sampai Ngawen, Klaten sepanjang 22 KM.

Angka tersebut merupakan jumlah kendaraan yang melewati jalur fungsional selama 6 hari, yaitu pada 5-11 April 2024.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Solo, Rudy Hardiansyah, menyampaikan angka tersebut terdiri dari 40.965 kendaraan yang menuju Exit Ngawen dan 17.737 kendaraan menuju Exit Ceper Karanganom.

Diketahui, selama arus mudik Tol Solo-Jogja hanya beroperasi satu arah dari GT Colomadu menuju Boyolali dan/atau Kartasura serta menuju Klaten dan/atau Yogyakarta.

Dengan melewati jalur fungsional tersebut, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik Lampu APILL (Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas) serta waktu perjalanan dari Klaten menuju Akses/Gerbang Tol (GT) Colomadu hanya 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional.

Jalan Tol Jogja-Solo Dibuka Mulai Hari Ini untuk Golongan 1 Non Bus

Selama arus balik Lebaran 2024, jalan Tol Jogja-Solo akan dibuka kembali mulai 12-15 April 2024 pukul 06.00-17.00 WIB.

Rudy menambahkan, Jalan Tol Jogja-Solo dioperasikan satu arah dari akses Ngawen, Klaten/GT Karanganom menuju GT Banyudono dan GT Colomadu.

Sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui GT Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui GT Colomadu.

Hal itu sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan selama periode Lebaran 2024 oleh Jasa Marga.

Marketing and Communication Department Head Jasa Marga, Faiza Riani, mengatakan jalur tol tersebut tersambung ke Jalan Provinsi Jatinom-Boyolali, Jawa Tengah, kemudian ke Jalan Nasional Yogya-Solo.

Jalur tersebut hanya dibuka untuk kendaraan golongan 1 non bus.

Baca juga: Arus Balik Masih Landai, Polisi Tunda Pelaksanaan One Way di Tol TransJawa Siang Ini

“Untuk jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo pada periode Lebaran 2024 ini akan beroperasi dari Colomadu sampai Ngawen sepanjang 22 KM."  ujar Faiza, Kamis (11/4/2024).

Selain itu, Jasa Marga juga membuka Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan.

Jalur Japek II Selatan akan beroperasi dari SS Sadang hingga Kutanegara sepanjang 8,5 KM yang dioperasikan secara situasional sesuai diskresi Kepolisian untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik tepatnya dari arah Bandung/sekitarnya yang menuju Jabotabek melalui Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

(News, Widya)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat