androidvodic.com

Siswi SMA di Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka Tingkat Kabupaten, Sempat Kejang dan Pingsan - News

Laporan Kontributor Tribunjabar.id M Rizal Jalaludin

News - Penyebab meninggalnya siswi SMAN 1 Cisaat bernama Kayla Nur Syifa masih diselidiki.

Siswi kelas 10 tersebut meninggal saat mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (19/4/2024).

Pihak sekolah tidak menyangka siswinya meninggal lantaran hanya mendapat kabar korban pingsan.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Tri Romadono, mengatakan, awalnya korban mengikuti sarapan pagi sesuai SOP seleksi, sarapan dilakukan di GOR Palabuhanratu, saat itu korban berbaris rapi dengan peserta lain untuk sarapan pagi.

"Kemudian menuju Lapangan Cangehgar untuk pelaksanaan test Kesamaptaan yang bersangkutan nomor dada 066," kata Tri saat dikonfirmasi awak media.

Dalam tes Kesamaptaan itu, peserta lari di Lapangan Cangehgar.

Sebelumnya pada Rabu (17/4/2024) seluruh peserta termasuk korban terlebih dulu dilakukan tes kesehatan.

"Adapun almarhumah hasil test kesehatan awal bagus dan dinyatakan lolos, tinggi badan bagus, postur bagus, kemudian ngikutin tahap kedua hari Kamis kemarin, yaitu parade sifatnya baris berbaris, bagaimana sikapnya si anak bagus, dinilai oleh panitia, kemudian lolos, lari ke test kesamaptaan tadi pagi," ujar Tri.

Sebelum dilakukan tes Kesamaptaan, seluruh peserta kembali dites kesehatan sampai akhirnya peserta mengikuti lari di Lapangan Cangehgar.

Saat itu korban berhasil lolos test kesehatan dan lari di tes Kesamaptaan bersama peserta lain lebih dari 10 menit.

"Lari lah beserta peserta yang lain, setelah 12 menit yang bersangkutan sepertinya keluhan itu tidak disampaikan ke panitia, mungkin ada keinginan untuk terus ikut mungkin kelelahan atau bagaimana, kemudian pingsan, kemudian kejang-kejang, terus ditangani medis kan kita selalu didampingi medis ya dalam tahapan-tahapan itu," ucap Tri.

Baca juga: Kronologi Siswi di Sukabumi Meninggal saat Seleksi Paskibraka, Pingsan dan Kejang usai Lari 12 Menit

Korban pun akhirnya dibawa ke RSUD Palabuhanratu. Namun, nyawa korban tidak tertolong.

"Terus ke rumah sakit dan innalilahi wainnalillahi kita turut duka cita, ini baru pengalaman pertama ya, mohon untuk teman-teman bisa memahami kondisinya," kata Tri.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat