androidvodic.com

Gandeng Pemkot Salatiga Garap Warung NKRI Digital, BNPT Sinergi Perkuat Ketahanan Publik - News

News, JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bersama Pemerintah Kota Salatiga meresmikan Warung NKRI Digital di Kantor Bangkesbangpol (Badan Kesatuan Bangsa dan Politik) Kecamatan Sidomukti, Salatiga, Kamis (2/5/2024).

Dalam kegiatan ini, Deputi Bidang Pencegahan Perlindungan dan Deradikalisasi Mayjen TNI Roedy Widodo mengingatkan semua pihak bahwa sudah menjadi tugas seluruh komponen bangsa untuk menciptakan kemandirian bagi mitra deradikalisasi, salah satunya wujudnya melalui program Warung NKRI Digital.

"Tugas kita bersama untuk mengantar, melindungi dan memberikan aktivitas untuk menciptakan kemandirian mitra kita salah satunya melalui Warung NKRI Digital ini," ujarnya.

Selain mengingatkan peran seluruh pihak untuk ciptakan kemandirian mitra deradikalisasi, Roedy juga menegaskan komitmen BNPT untuk bersinergi dengan Pemerintah Kota Salatiga terkait upaya penguatan public resilience atau ketahan publik.

"Kita siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Salatiga untuk memperkuat ketahanan publik," ujarnya.

Sementara itu, PJ Walikota Salatiga Yasip Khasani, M.M., mengatakan pihak Pemkot Salatiga berencana akan bersinergi terkait pembuatan kurikulum muatan lokal dengan tujuan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Kota Salatiga yang tangguh dari intervensi ideologi radikal.

"Tujuan kita adalah menciptakan SDM super tangguh, super tangguh adalah sebuah kondisi masyarakat salatiga yang kuat dari intervensi ideologi-idelogi yang merusak. Maka, untuk mendasari itu dimulai dari lingkungan pendidikan, harapannya SDM tangguh secara ekonomi, psikologis dan ideologi," jelasnya.

Baca juga: Dukung Keamanan WWF ke-10 di Bali, Kepala BNPT Minta Kualitas Asesmen Sistem Pengamanan Ditingkatkan

Selain peresmian Warung NKRI, kegiatan ini juga dibarengi dengan kick off penyusunan Rencana Aksi Daerah Penanggulangan Ekstremisme (RAD PE) Berbasis Kekerasan dalam Penanggulangan Terorisme di Salatiga.

Kota Salatiga sendiri termasuk kota yang mampu mengakselerasi rencana aksi tersebut.

Sebagai informasi, Warung NKRI Digital Salatiga merupakan Warung NKRI Digital ke-2.

Tak hanya berfungsi meningkatkan ekonomi tetapi juga akan menjadi sarana edukasi hingga peningkatan wawasan kebangsaan dengan pendekatan humanis.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat