androidvodic.com

121 Warga Sukatani Purwakarta Keracunan Usai Santap Makanan Hajatan, 7 di Antaranya Dirawat Inap - News

Laporan Wartawan Tribunjabar.id, Deanza Falevi

News, PURWAKARTA - Sebanyak 121 warga Kampung Sukamulya, Desa Pasirmunjul, Kecamatan Sukatani, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat mengalami keracunan massal.

Mereka diduga keracunan setekah menyantap makanan di acara sunatan warga sekitar Kampung Sukamulya, Minggu (5/5/2024) siang.

Baca juga: 50 Orang di Jember Keracunan Takjil, 4 Korban Dirawat Inap hingga 7 Orang Diperiksa

Para korban mengalami gejala mual, muntah, pusing, diare, dan sesak napas.

Mereka baru mengalami gejala tersebut saat memasuki waktu maghrib.

Warga yang mengalami gejala tersebut mulai mendatangi Puskesmas Sukatani hingga RSUD Bayu Asih.

Pantaun Tribunjabar.id di RSUD Bayu Asih Purwakarta, Minggu sekitar pukul 23.30 WIB, sebanyak 27 warga masih menjalani pemeriksaan di RSUD Bayu Asih Purwakarta, tujuh warga harus menjalani rawat inap di rumah sakit, dan sisanya menjalani rawat jalan.

"Untuk data sementara, kini ada 121 orang yang mendapatkan perawatan medis di dua tempat yakni, di Puskesmas Sukatani dan RSUD Bayu Asih. Mayoritas yang mengalami keracunan rata-rata remaja. Makanannya disajikan di pesta hajatan sunatan," ujar petugas BPBD Kabupaten Purwakarta, Ahmad Sidiq kepada waratawan Senin (6/5/2024) dini hari.

Sementara itu, Dokter Jaga IGD RSUD Bayu Asih, Ahmad Zaki mengatakan puluhan warga yang dirawat di RSUD Bayu Asih ini mengalami gejala mual, muntah sampai buang air besar.

Baca juga: Keracunan Takjil yang Dibagikan di Pinggir Jalan Jember, 50 Warga jadi Korban, 4 Orang Masih Dirawat

Ia mengatakan, selain fokus penanganan para korban, pihaknya juga akan melakukan pengambilan sampel makanan yang diduga membuat ratusan warga keracunan untuk diperiksa lebih lanjut.

"Untuk saat ini, dugaan dari makanan hajatan sunatan, jenis makanan apa saya belum dapat info lebih lanjut, ada beberapa tim pengambilan sampel nanti bisa dicek terlebih dahulu," ujar Zaki.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Korban Keracunan Makanan Sunatan di Sukatani Purwakarta Terus Bertambah, Kini Capai 121 Orang

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat