androidvodic.com

Elon Musk Luncurkan Starlink di Salah Satu Puskesmas Pembantu Sumerta Kelod - News

Laporan Wartawan Tribun Bali  Ni Luh Putu Wahyuni Sari

News, BALI - CEO SpaceX sekaligus Tesla Inc, Elon Musk meluncurkan Starlink di salah satu puskesmas pembantu (Pustu) Sumerta Kelod, Jalan Mohammad Yamin Denpasar, Bali, pada Minggu 19 Mei 2024.

Kerjasama layanan internet Starlink ini, dikatakan mampu menjangkau jaringan hingga pelosok Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr I Nyoman Gde Anom, saat ditemui menjelaskan puskesmas pembantu sangat membutuhkan jaringan layanan internet cepat.

Bukan sekadar jaringan saja, karena diakui kendala puskesmas pembantu berapa daerah seperti Nusa Penida, Sukasada, Buleleng, dan Kintamani, Bangli tidak memiliki jaringan yang bagus.

"Launching Starlink, Starlink itu mempermudah layanan internet. Ini percontohan saja di Bali yang ada masalah di Nusa Penida, Kintamani, Buleleng Sukasada, Petang.

Baca juga: Dijemput Luhut di Apron Bandara Ngurah Rai, Bos SpaceX Elon Musk Tiba di Bali

Di sini cuma launching untuk Starlink. Nanti akan dikembangkan di pustu-pustu yang tidak ada layanan internetnya atau yang terganggu atau tidak lancar," kata Anom.

Selain di Denpasar, yang juga menjadi percontohan di Klungkung di Pustu Bumbungan dan di Maluku.

Selama ini dalam bidang kesehatan menggunakan aplikasi Sehat Indonesiaku atau yang disingkat ASIK.

Semua laporan di puskesmas diunduh di aplikasi tersebut, hanya saja hambatan di pustu data yang ada begitu mau di input tidak bisa karena jaringan kurang bagus.

"Data-data pustu atau puskesmas yang jaringannya terganggu. Jumlah puskesmas 120.509 pustu.

Nanti 509 pustu kami data karena upload data, dari pustu terganggu seolah-olah tidak data. Nanti kami data ulang lagi," imbuhnya.

Kerjasama ini sebagai bentuk pemerataan akses internet, di seluruh provinsi di Indonesia yang akan terintegrasi dengan pelayanan kesehatan dan pendidikan sehingga, kualitas kedua layanan tersebut dapat terus meningkat. Diharapkan melalui peluncuran Starlink ini, masyarakat di daerah terpencil bisa menikmati akses informasi dan jaringan internet yang cepat.

Sebagai informasi, Starlink adalah layanan internet satelit yang dikembangkan oleh SpaceX perusahaan teknologi milik Elon Musk.

Starlink ini menggunakan konstelasi satelit pada orbit rendah bumi (low earth orbit/LEO).

Nantinya, pengguna Starlink hanya memerlukan perangkat penerima kecil yang dikenal sebagai antena parabola/dish untuk dapat terhubung ke jaringan satelit.

Artikel ini telah tayang di Tribun-Bali.com dengan judul Starlink Elon Musk Akan Diprioritaskan untuk Puskesmas Terpencil di Bangli, Klungkung dan Buleleng

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat