androidvodic.com

Saatnya Gen Z Menyala, Cerita Peserta Termuda Jalani UKW PWI Kota Surakarta - News

News - Hawa dingin Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, tidak meredupkan semangat Romadhoni Alfitranto (24) berangkat menuju Hotel Alila Solo, Jumat (24/5/2024).

Pria yang akrab disapa Roma itu merupakan satu dari 30 peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Surakarta, 24-25 Mei 2024.

Pukul 06.30 WIB, Roma menghidupkan motornya. Sembari menunggu mesin panas, ia mengelap sisa titik-titik air yang menempel di jok motornya.

Wajar saja, Kota Solo dan sekitarnya diguyur hujan lebat pada Kamis sore hingga malam. Padahal, sudah berminggu-minggu hujan tak turun di Kota Bengawan.

Baju batik lengan pendek yang dikenakan Roma pagi itu tidak sepenuhnya kering karena panasnya matahari.

Para peserta UKW PWI Surakarta di hari itu diwajibkan mengenakan batik. 

Saat dijemur, baju batik yang sudah dipersiapkan Roma kehujanan. Tak ada rotan, akar pun jadi. Malam harinya ia mengeringkan baju menggunakan setrika.

Perjalanan Roma menuju Hotel Alila Solo ditempuh dalam waktu sekira 30 menit. Senyum sapa petugas keamanan hotel menyambut kedatangan Roma yang langsung mengarahkannya menuju basement hotel.

Roma mengaku sudah mempersiapkan UKW jenjang Muda ini dengan membaca sejumlah aturan.

Bak peribahasa berguru kepalang ajar bagai bunga kembang tak jadi, segala macam pelajaran jika dipelajari setengah-setengah takkan ada gunanya.

Romadhoni Alfitranto (tengah) bersama peserta lain melakukan wawancara cegat kepada narasumber yang dihadirkan di Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Surakarta, 24-25 Mei 2024.
Romadhoni Alfitranto (tengah) bersama peserta lain melakukan wawancara cegat kepada narasumber yang dihadirkan di Uji Kompetensi Wartawan (UKW) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Surakarta, 24-25 Mei 2024. (Dok PWI Surakarta)

“Saya sudah membaca aturan-aturan, mulai dari Undang-undang Pers sampai Kode Etik Jurnalistik, saya juga mengikuti isu-isu terbaru seperti RUU Penyiaran,” ungkapnya di sela-sela pelaksanaan UKW gratis dari PWI Pusat ini.

Pria berkaca mata itu tak menampik rasa tegang di benaknya.

“Perasaannya deg-degan, tapi tetap semangat,” ungkap penyuka film bergenre komedi itu.

Baca juga: 5 Fakta Kegiatan UKW Ke-17 di Surakarta: Pecahkan 2 Rekor hingga Pesan Gibran

Jadi Peserta Termuda

Lahir di Ogan Komering Ulu (OKU) Sumatra Selatan, 6 Januari 2000, Roma menjadi peserta termuda di UKW PWI Kota Surakarta edisi kali ini. Mayoritas peserta lahir di tahun 80 dan 90-an.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat