androidvodic.com

Tiga Lulusan SMA dari Keluarga Kurang Mampu di Sukoharjo Raih Beasiswa Pendidikan Luar Negeri - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Tiga siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) angkatan 2024 di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, berhasil menorehkan prestasi gemilang karena menjadi lulusan terbaik dan mendapat beasiswa kuliah ke luar negeri.

Ketiga siswa tersebut adalah Farhan Agus Ferdiansyah, Muhammad Satriyo Wening, dan Mochammad Fajar Maulana Sidik. Ketiga siswa ini berasal dari keluarga kurang mampu. Farhan, putra tukang ojek online, Wening, anak kenek truk, dan Fajar, buah hati pedagang mie toprak.

Baca juga: Beasiswa Non Ikatan Dinas PT Pertamina EP 2024 di Politeknik Akamigas Palembang, Ini Syaratnya

Namun demikian, keterbatasan ekonomi tak menyurutkan semangat mereka untuk belajar dan meraih cita-cita. Kisah mereka menjadi bukti nyata bahwa kerja keras dan tekad pantang menyerah mampu mengantarkan pada kesuksesan.

Ketiganya merupakan lulusan SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo. Farhan sebenarnya diterima di sembilan universitas ternama di luar negeri, namun ia memutuskan mengambil jurusan Teknik Elektro di University of Sydney, Australia.

"Insya Allah saya akan berangkat ke University of Sydney di Australia bulan Juni nanti," kata Farhan usai acara wisuda sekolah di SMA Unggulan CT Arsa Foundation Sukoharjo, Sabtu (25/5/2024).

Farhan memilih jurusan itu karena sejak kecil sudah tertarik besar terhadap dunia sains dan teknologi. Ia gemar mengotak-atik komputer dan alat-alat elektronik yang rusak. Kegemaran ini kemudian mengantarkannya pada jalan kesuksesan.

Baca juga: Mahasiswi yang Makamnya Dibongkar OTK di Purbalingga Peraih Beasiswa Kuliah FKG UMY Yogyakarta

"Jadi electrical engineering saya rasa adalah hal yang pas buat saya," kata dia.

Farhan mengaku awalnya tidak pernah terbayang belajar di perguruan tinggi di luar negeri. Minatnya belajar di mancanegara baru muncul setelah mengikuti berbagai kompetisi sains.

"Tapi seiring berjalannya waktu, sering ikut olimpiade, saya tertarik belajar di luar negeri," katanya.

Wening diterima di tujuh perguruan tinggi, The University of Sydney, Curtin University, Monash University, Wageningen University and Research, University of New South Wales, The University of Queensland, dan NTU Singapore.

"Lima di Australia, satu di Singapura, satu di Belanda," kata dia.

Namun, Wening memilih untuk melanjutkan langkahnya ke Wageningen University and Research. "Saya ambil Bachelor of Environmental Sciences (ilmu lingkungan)," katanya.

Wening memilih kampus ini karena kepeduliannya kepada lingkungan. Bahkan ia aktif terlibat dalam beberapa kegiatan membersihkan sungai. Ia juga melihat ke depan masalah lingkungan akan membutuhkan solusi-solusi baru.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat