androidvodic.com

Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Padang Seksi Bangkinang-Koto Kampar Senilai Rp4,8 T - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan ruas Jalan Tol Pekanbaru-Padang ruas Tol Bangkinang-Pangkalan, seksi Bangkinang-XIII Koto Kampar pada Jumat (31/5/2024).

Peresmian yang dilakukan di Gerbang Tol XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, menandakan selesainya pembangunan infrastruktur penting yang dimulai sejak tahun 2019 tersebut.

"Alhamdulillah, hari ini Jalan Tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap satu yaitu Bangkinang-Koto Kampar telah selesai dengan panjang 24,7 km yang kita bangun sejak tahun tahun 2019-2024 menghabiskan anggaran Rp4,8 triliun telah selesai dan bisa digunakan," ujar Presiden Jokowi.

Menurut Jokowi, jalan tol yang diresmikannya ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. Diharapkan, pembangunan setiap ruas dan seksi akan terus berlanjut hingga tersambung seluruhnya dari Pekanbaru ke Padang.

"Ini adalah sirip dari tol Trans-Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun terus akan sambung-sambung dan nanti akan sampai di Pekanbaru sampai ke Kota Padang," imbuhnya.

Baca juga: Saksi Sebut Kualitas Mutu Beton yang Digunakan Untuk Struktur Tol MBZ Tak Penuhi Syarat SNI

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga meresmikan pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Provinsi Riau yang mencakup pembangunan dan perbaikan 10 ruas jalan dengan total panjang 63 km dan biaya Rp369 miliar.

Presiden Jokowi berpesan kepada para kepala daerah, baik Gubernur, Bupati, dan Wali Kota di wilayah tersebut untuk memastikan infrastruktur yang baru dibangun ini diintegrasikan dengan kawasan produktif seperti pertanian, perkebunan, dan pariwisata.

"Sehingga betul-betul riil ada manfaatnya bagi rakyat, bagi pertumbuhan ekonomi daerah, dan juga mobilitas orang, mobilitas barang itu betul-betul bisa lebih cepat lagi sehingga kita bisa bersaing dengan negara-negara lain di dunia," jelas Presiden.

Baca juga: Apindo: Sikap Buruh dan Pengusaha Sama, Tolak Gaji Pekerja Dipotong untuk Iuran Tapera

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam peresmian tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Agus Harimurti Yudhoyono.

Lalu, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Penjabat (Pj) Gubernur Riau SF Hariyanto, anggota Komisi V DPR RI Syahrul Aidi Maazar, Pj Bupati Kampar Hambali, dan Direktur Utama PT Wijaya Karya Agung Budi Waskito, dan Dirut PT Hutama Karya Budi Harto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat