androidvodic.com

Penyebab Keracunan Massal di Bogor: Warga Santap Makanan yang Dimasak Sehari Sebelumnya - News

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Rahmat Hidayat

News, BOGOR - Korban keracunan massal makanan pengajian haul salah satu warga di Kota Bogor, Jawa Barat bertambah dari 62 orang menjadi 71 orang dan satu orang meninggal dunia. Rupanya para korban tersebut menyantap makanan yang dimasak sehari sebelumnya.

Baca juga: Korban Keracunan Makanan Tahlilan di Bogor Bertambah Jadi 71 Orang, Satu Meninggal Dunia

“Karena kejadiannya kan malam minggu, kemudian kita sudah telusuri ternyata pengolahan makanan pun sudah sehari sebelumnya,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor dr Sri Nowo Retno di Puskesmas Cipaku, Bogor Selatan, Jawa Barat, Senin(3/6/2024) malam.

Puluhan korban keracunan makanan tersebut mengalami gejala yang sama yakni muntah-muntah dan mual. Meski begitu, Retno belum bisa memastikan apakah salah satu makanan menjadi penyebab pasti kejadian atau bukan.

Dinkes Kota Bogor akan membawa beberapa sampel untuk diuji coba laboratorium. “Ini kita akan investigasi, kita telusuri dulu kronologisnya, dan acaranya di malam minggu. Jadi kami minggu belum dapat laporan, puskesmas juga belum dapat pasien untuk itu, jadi baru dapat laporan peningkatan kasus tuh hari tadi ya, hari Senin,” jelasnya.

Baca juga: 4 Bahan Alami Mengatasi Keracunan Makanan

Sementara itu, Kapolsek Bogor Selatan, Kompol Diana Sulistiowati mengatakan, pihaknya sudah memintai keterangan kepada beberapa warga.

“Jadi dari kami, kepolisian sendiri kita sudah ada beberapa menanyakan, baik kepada warga yang mengalami sakit dan juga kita tanyakan kepada warga yang sekitar, termasuk juga yang masak atau semuanya. Nah itu alhamdulillah sudah kita dapatkan informasi,” kata Diana.

Dari keterangan sementara yang didapatkan, makanan ini dimasak untuk acara tahlilan tasyakuran Haul salah satu warga.

“Jadi sudah setiap tahun (acara Haul). Kemudian mengundang warga, itu 1 RT, jadi kegiatannya seperti itu. Warga mendapatkan berkat (makanan) lah dari situ,” jelasnya.

Baca juga: 5 Langkah Pertolongan Pertama Saat Seseorang Keracunan Makanan

Di sisi lain, sambung Diana, dari 71 orang yang diduga keracunan massal ini ada beberapa diantaranya yang tidak mau dibawa ke puskesmas.

“Memang masih tadi ada beberapa warga yang tidak ingin dibawa ke puskesmas, tapi kita ingatkan terus untuk dibawa ke puskesmas,” tandasnya.

Berita Ini Telah Tayang di TribunnewsBogor.com dengan Judul 'Makanan Diduga Penyebab Keracunan Massal di Cipaku Bogor Rupanya Dimasak Sehari Sebelumnya'

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat