androidvodic.com

Viral Video Kilatan Cahaya dari Langit Sumsel, Warga Duga Meteor Jatuh, Ini Respons BRIN hingga BPBD - News

News - Video kilat cahaya dari langit yang diketahui berada di Musi Banyuasin (Muba), Sumatra Selatan (Sumsel), menyita perhatian publik.

Video yang diunggah beberapa akun Instagram itu, bahkan sampai viral di media sosial.

Dalam video, terlihat kilatan cahaya misterius yang jatuh dari langit.

Sesaat kemudian, potongan video lain memperlihatkan benda misterius jatuh dari langit.

Ketika dikonfirmasi, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sumsel belum mendapatkan informasi detail apakah meteor jatuh atau bukan.

"Hingga kini belum ada informasi terkait adanya meteor jatuh," kata Wahyu Rizky Andhifani dari BRIN Sumsel, Selasa (11/6/2024), dilansir TribunSumsel.com.

Ia menyebut, di BRIN Sumsel tidak ada bagian yang mengawasi soal astronomi, sebab baru ada di BRIN Bandung.

Terpisah, Kepala Pelaksana BPBD Sumsel, M Iqbal Alisyahbana, menjelaskan tidak ada meteor yang jatuh di Sungai Lilin, Musi Banyuasin.

"Kalau berdasarkan konfirmasi dari camat dan BPBD setempat tidak ada meteor yang jatuh. Kalau masyarakat ada informasi terkait meteor yang jatuh bisa disampaikan titik jatuhnya dimana," ungkapnya.

M Iqbal menambahkan, pihaknya sudah menanyakan soal fenomena itu ke Kades, Camat, Kapolres, namun belum ada informasi terkait meteor jatuh.

Sebelumnya, Camat Sungai Lilin, Tatang Jaswadi, mengaku belum menerima secara pasti laporan dari pemerintah kecamatan dan desa terkait dugaan meteor jatuh di wilayah sungai lilin.

Baca juga: Apa Itu Embun Upas? Fenomena Muncul di Dieng Jawa Tengah, Video Viral di Medsos

"Belum ada laporan pak baik dari staf maupun dari pemerintah desa. Saya juga meminta staf untuk menelusuri kebenaran terkait hal tersebut dan telah berkoordinasi dengan instansi terkait," ucapnya.

Sementara warga yang melihat peristiwa di langit Sumsel dari 13 Ulu Palembang, Abay, mengaku sempat mengabadikanya lewat video.

"Kemarin malam hari minggu, saya kira kilatan biasa. Tapi saya lihat lebih meteor dan tidak mengatui jatuhnya di mana," ceritanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat