androidvodic.com

3 Perintah Kapolri soal Kasus Vina Cirebon: Turunkan Tim Asistensi, Minta Pendalaman, Lengkapi Bukti - News

News - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan perintah khusus dalam penanganan kasus pembunuhan Vina dan Eky di Cirebon, Jawa Barat pada 2016 lalu.

Ada tiga perintah yang diberikan Kapolri untuk penanganan kasus yang kembali menyita perhatian publik seusai Pegi Setiawan ditangkap setelah menjadi buron selama delapan tahun.

Pertama, Kapolri Listyo Sigit memerintahkan jajarannya menurunkan tim asistensi dari Propam, Irwasum, hingga Bareskrim Polri.

Tim asistensi ini diturunkan mengingat kasus ini sudah terjadi pada 2016 lalu dan belum sepenuhnya selesai hingga sekarang.

"Kami sudah pesan kepada Polda Jawa Barat dan juga menurunkan tim asistensi dari Propam, dari Irwasum, dari Bareskrim Polri."

"Karena memang peristiwanya yang terjadi 2016 hingga kita minta bahwa ini menjadi perhatian publik," kata Kapolri Listyo Sigit dilansir Kompas, Sabtu (22/6/2024).

Kedua, Kapolri Listyo Sigit meminta jajarannya untuk memantau peristiwa yang terjadi terkait kasus pembunuhan Vina dan Eky ini.

Meskipun kasus ini sudah berproses di pengadilan dan sudah ada putusan inkrah, Kapolri Listyo Sigit tetap meminta jajarannya untuk melakukan pendalaman.

"Walaupun saat ini sebenarnya kasus tersebut sudah ada di pengadilan ya. Sudah ada putusan inkrah, kasasi namun demikian kami minta untuk didalami," terang Kapolri Listyo Sigit.

Ketiga, Kapolri Listyo Sigit meminta Polda Jawa Barat memproses kasus pembunuhan Vina dan Eky ini secara ilmiah atau menggunakan scientific crime investigation.

Baca juga: Enam Jaksa Kejati Jabar Ditunjuk Teliti Berkas Tersangka Pegi di Kasus Vina Cirebon Selama 2 Pekan

Polda Jabar juga harus bisa menjerat tersangka dengan alat bukti yang cukup.

Tak seperti pembuktian awal pada 2016 lalu yang hanya didasari pada bukti minim dan keterangan saksi saja.

"Artinya itu adalah bukti yang tidak terbantahkan. Namun demikian tentunya ada alat-alat bukti, barang bukti lain yang juga tentunya diatur dalam KUHP yang harus dilengkapi oleh rekan-rekan," imbuh Kapolri.

Polri Pastikan Anggota yang Tak Teliti di Penyelidikan Awal Kasus Vina Cirebon Disanksi

Polri mengakui adanya ketidaktelitian dari anggota yang menangani penyelidikan awal kasus kematian Vina dan pacarnya Eky di Cirebon, Jawa Barat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat