androidvodic.com

Ibu Rumah Tangga di Sumut Tertipu Rp4 Miliar Modus Anak Masuk Akpol dan TNI, Ini Kronologisnya - News

News, MEDAN -  Seorang warga Sumatra Utara bernama Lestina Barus mengaku menjadi korban dugaan penipuan modus masuk Akademi Kepolisian (Akpol) dan calon perwira TNI prajurit karir.

Total kerugian Lestina mencapai Rp4 miliar dengan rincian Rp3 miliar untuk satu orang anaknya daftar di Akpol dan Rp1 miliar untuk dua anaknya daftar calon perwira TNI prajurit karir.

Adapun tiga orang yang akan didaftarkannya ke taruna Akpol dan perwira TNI prajurit karir ketiga anaknya sendiri.

Baca juga: 4 Fakta Selebgram Widya Laurencia dan Suaminya Sadly Terjerat Kasus Dugaan Penipuan Arisan Bodong

Lestina mengungkap, terduga pelaku yang menipunya ialah diduga personel TNI dari Kodam I Bukit Barisan berinisial Praka R.

Namun demikian, yang memperkenalkan Lestina dengan Praka R seorang perempuan bernama Juliana Purba, disebut-sebut istri perwira pertama di Polda Sumut, diduga bertugas di Polres Karo.

 "Tapi yang menjembatani saya ke TNI ada perempuan ini, namanya Juliana Purba, dia yang mengenalkan saya dengan Praka R  ini, dan dia yang mengatakan sama saya bahwa anaknya lulus masuk Akpol melalui jalur sisipan,"kata Lestina Barus, diwawancarai di Polda Sumut, Selasa (25/6/2024).

Dugaan penipuan ini sudah dilaporkan ke Polda Sumut dengan tanda laporan STTLP/B/1363/XI/2023/SPKT/POLDA SUMUT tanggal 13 November 2023 lalu.

Kemudian, Lestina juga melaporkan ke Pomdam I Bukit Barisan dengan tanda laporan, LP/03/XII/2023 tanggal 28 Desember 2023.

Awal mula tertipu

Lestina membeberkan, awal mula dugaan penipuan modus lulus menjadi taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dan perwira TNI prajurit karir bermula pada 2023 lalu.

Antara Lestina dan Juliana saling kenal karena sama-sama warga Kabupaten Karo dan kedua anak mereka sama-sama pernah mengikuti seleksi penerimaan calon taruna akademi kepolisian (Akpol) tahun 2023 di Polda Sumut.

Tapi belakangan, anak Lestina dinyatakan gugur, sementara anak Juliana Purba disebut-sebut lulus melalui jalur sisipan.

Baca juga: Cara Daud Yakinkan Korban yang Dijanjikan Masuk Akpol, Ngaku Kenal Pejabat Polri dan Buat TR Palsu

Lestina menyebut, pada 03 Oktober terjadi percakapan antara Lestina dan Juliana. Saat itu Lestina menanyakan soal kelulusan anak Juliana dan keberadaannya.

Di sini disebut Juliana mengatakan sedang di Magelang, Jawa Tengah mengantarkan anaknya yang lulus taruna Akpol jalur sisipan melalui seseorang.

Mendengar pernyataan Juliana, Lestina meminta tolong kepada Juliana kalau ada kuota sisipan supaya anaknya juga diluluskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat