androidvodic.com

Ahli Paleontologi Temukan Fasil 'Kadal Laut' Berusia 112 Juta Tahun di Australia - News

News -- Sebuah fosil yang berusia ratusan juta tahun ditemukan di wilayah pedalaman Queensland, Australia.

Sang penemu adalah seorang ahli paleontologi Asutralia, Kevin Petersen.

Fosil ikan tersebut disebut sebagai Ichthyosaurus.

Menurut dia fosil itu dijuluki sebagai "kadal laut" besar berusia 112 juta tahun yang pernah berkembang biak di Great Artesian Basin.

Baca juga: Banyak Ditemukan Fosil Hewan, Bantaran Waduk Saguling Bandung Barat Dijaga Ketat 24 Jam 

Dilansir dari Abc News, Rabu (8/12/2021) Petersen menemukan sepotong rahang hewan tersebut yang tampak mencuat dari tanah di wilayah Richmond, di barat laut Queensland.

"Yang istimewa dari penemuan ini adalah moncong dan rahang yang kami temukan sangat utuh dan ini adalah potongan-potongan yang signifikan," ujar pendiri museum fosil Kronosaurus Korner, Rob Ievers.

Dia menyebutkan, ikan yang mirip lumba-lumba ini memiliki panjang sekitar satu meter dan dinilai menjadi salah satu reptil laut yang sangat besar.

Baca juga: Ilmuwan China Temukan Fosil Mengandung DNA, Terbuka Peluang Kloning Dinosaurus

Sementara itu, fosil ikan tersebut tengah dipersiapkan untuk dipajang di museum Kronosaurus Korner.

Di sisi lain, sisa-sisa tulang itu harus ditutup dengan plester untuk menghilangkan tanah yang menempel sebelum dipindahkan ke museum.

"Hal yang hebat dari museum ini adalah semua fosil kami asli, kami tidak menggunakan model. Ini menjadi sorotan besar bagi orang-orang yang datang mengunjungi kawasan ini," ungkap Ievers.

Baca juga: Badan Geologi Masih Terus Lakukan Eksplorasi Sumber Daya Alam Energi Fosil

Spesies Ichthyosaurus adalah reptil laut dengan tubuh ramping yang memungkinkan mereka dapat berenang di air dengan kecepatan tinggi.

Selain itu, mereka juga memiliki mata yang besar jika dibandingkan vertebrata lain. Mata ini berguna untuk mengintai saat predatornya yaitu plesiosaurus mendekat.

Dikutip dari Queensland Museum, Rabu (8/12/2021) bagian barat laut Queensland dikenal sebagai wilayah yang kaya akan fosil hewan purba, Ichthyosaurus adalah salah satunya.

Sebagian besar penemuan yang ditemukan di sana adalah sisa-sisa hewan laut yang pernah berkembang biak di laut pedalaman Queensland.

Terkini Lainnya

  • Para peneliti menyebut, spesies itu memiliki tengkorak dan rahang yang besar untuk menampung lusinan gigi tajam

  • BERITA TERKINI

Tautan Sahabat