androidvodic.com

Soal Kasus Video Syur Viral Gisella Anastasia, Aktivis Perempuan Minta Masyarakat Lebih Bijak - News

News - Aktivis dari Yayasan Solidaritas Perempuan untuk Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia (SPEK-HAM) Solo, Fitri Haryani, memberikan pandangan soal kasus video syur yang menyeret Gisella Anastasia.

Fitri meminta masyarakat lebih arif dalam memandang kasus yang masih bergulir ini.

"Semestinya masyarakat lebih bijak untuk dapat memahami hukum positif yang ada di negara kita," katanya saat dihubungi Tribunnews, Selasa (29/12/2020).

Fitri memandang, kasus membelit Gisel tidak hanya sebatas pemenuhan nilai moral yang menjadi unsur dasar penetapan statusnya sebagai tersangka.

Baca juga: Gisel Buat Video untuk Dokumentasi Pribadi, Ernest Prakasa : Berarti Gak Melanggar Dong ?

Baca juga: Terungkap MYD Pemeran Pria di Video Syur Gisel, Ini Fotonya Saat Selfie di Gorden Tahun 2017

"Meskipun pemahaman yang dianggap benar oleh masyarakat luas selama ini, bahwa kasus tersebut dianggap sebagai kasus asusila yang kemudian soal moral dan etika menjadi sorotan utama," katanya.

Fitri menilai cara pemahaman masyarakat di atas tidak lepas dari budaya patriarki yang berpengaruh kepada nilai dan etika.

"Di mana baik atau buruk seseorang, apalagi soal perilaku asusila lebih banyak disematkan pada perempuan yang menjadi fokus sorotannya," kata dia.

Aktivis perempuan dari Solidaritas Perempuan untuk Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia (SPEK-HAM), Fitri Haryani.
Aktivis perempuan dari Solidaritas Perempuan untuk Kemanusiaan dan Hak Asasi Manusia (SPEK-HAM), Fitri Haryani. (Dokumen Pribadi)

Fitri selanjutnya menjabarkan bagaimana budaya patriarki melihat seorang perempuan.

Patriarki melabeli perempuan sebagai individu yang semestinya punya moral lebih baik, bisa menjaga martabatnya, tidak boleh mengumbar auratnya yang akan mengundang sahwat lawan jenis.

"Perempuan juga dianggap sebagai sumber munculnya lawan jenis untuk melakukan penyerang seksualitas dan hal tersebut wajar yang kemudian dianggap sebagai nilai yang paling tinggi," imbuh Fitri.

Selain itu, relasi kuasa antara laki-laki dan perempuan yang timpang juga mempengaruhi cara pandang masyarakat dalam melihat kasus yang menyeret Gisel.

"Termasuk pemberitaan yang menjadikan Gisel sebagai sorotan dan sasaran utama juga dikarenakan budaya patriarki," tutup Fitri.

Gisel Ditetapkan Sebagai Tersangka 

Gisella Anastia kini sudah naik status dari saksi menjadi tersangka atas kasus dugaan penyebaran video syur yang beredar di sosial media.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat