androidvodic.com

Diduga Ada Pelecehan, Muthia Fatika Rachman Lepaskan Gelar Runner Up 2 Miss Universe Indonesia - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News,JAKARTA -- Muthia Fatika Rachman melepas gelar Runner Up ke-2 Miss Universe Indonesia 2023 setelah ramai adanya dugaan pelecehan yang dialami sejumlah finalis di ajang kontes kecantikan ini.

Hal itu disampaikan mojang asal Cirebon ini dalam akun instagram pribadinya pada Kamis (17/8/2023).

"Dengan segala hormat saya ingin mengumumkan secara resmi bahwa saya tidak lagi menjadi bagian dari Miss Universe Indonesia 2023 dan akan kembali ke provinsi saya Jawa Barat," tulis Muthia yang dikutip Tribun, Jumat (18/8/2023).

Muthia Fatika Rachman melepas gelar Runner Up ke-2 Miss Universe Indonesia 2023 setelah ramai adanya dugaan pelecehan yang dialami sejumlah finalis di ajang kontes kecantikan ini.

Muthia menuturkan, dugaan pelecehaan seksual yang dialami sejumlah finalis dalam ajang yang seharusnya memberdayakan dan menghormati perempuan menjadi alasan ia mundur dan tak mau lagi terhubung dengan Miss Universe Indonesia.

Baca juga: Miss Universe Indonesia Fabienne Nicole: Saya Tidak Menoleransi Bentuk Pelecehan Seksual Apa pun

"Namun, hati saya yang dewasa dan masa kanak-kanak berat mendengar bahwa begitu banyak orang yang sangat dekat dan saya sayangi telah mengalami dugaan pelecehan seksual di lingkungan yang dimaksudkan untuk memberdayakan mereka.

Situasi dan efeknya berbeda-beda di antara kita, dan secara pribadi saya juga kaget dengan sedikit atau tidak ada pengungkapan yang diberikan sebelum, selama, atau setelah proses acara," terang dia.

Melissa, kuasa hukum finalis Miss Universe Indonesia (MUID), bersama dua orang korban dugaan pelecehan seksual, ditemui di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2023).
Melissa, kuasa hukum finalis Miss Universe Indonesia (MUID), bersama dua orang korban dugaan pelecehan seksual, ditemui di Polda Metro Jaya, Semanggi, Jakarta Selatan, Senin (14/8/2023). (Warta Kota/Arie Puji Waluyo)

Terlebih kini, Miss Universe Organization dan franchise-nya telah menghentikan kemitraan dengan Miss Universe Indonesia.

"Miss Universe akan selalu memiliki tempat khusus di hati saya karena telah menjadi bagian dari perjalanan hidup saya. Sekali lagi terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua orang yang telah mewarnai pengalaman ini. Saya berharap untuk mengembalikan cinta ini dalam bentuk yang lebih besar. Miss Universe dan semua maknanya tetap menjadi impian masa kecil saya yang berharga. Semoga kita berpapasan lagi," ungkap dia.


Impian Masa Kecil

Polemik Miss Universe Indonesia, runner up Muthia Rachman putuskan mundur hingga singgung soal kemitraan yang dihentikan.
Polemik Miss Universe Indonesia, runner up Muthia Rachman putuskan mundur hingga singgung soal kemitraan yang dihentikan. (Instagram @muthiafrachman)

Muthia mengungkapkan menjadi Miss Universe yang dikenal di televisi merupakan impiannya masa kecil.

Menjadi sebuah kehormatan dirinya bisa menjadi bagian kontes kecantikan bertaraf nasional itu.

Dan terpilih menjadi juara ketiga.

Baca juga: Tanggapan Pengacara Finalis Miss Universe yang jadi Korban Pelecehan soal Pencabutan Lisensi MUID

"Sebuah kesempatan luar biasa yang saya pegang dengan hormat. Bagi saya, Miss Universe bukan sekedar kontes tapi impian sejak kecil. Pada usia 9 tahun saya melihat Miss Universe di TV dan bercita-cita untuk menjadi perubahan dunia yang sama suatu hari nanti," urai dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat