androidvodic.com

Film Indonesia yang Ikut Festival di Luar Negeri Berkesempatan Masuk Nominasi Piala Citra FFI 2023 - News

Laporan Wartawan News, Fauzi Alamsyah

News, JAKARTA - Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI) 2021-2023, Reza Rahadian mengungkapkan beberapa indikasi film yang dinilai dapat masuk dalam nominasi Piala Citra FFI 2023.

Salah satunya adalah sebuah karya film yang mendapatkan kesempatan dalam keterlibatannya di festival film internasional.

Ada kesempatan besar bagi Akademi Citra untuk memikirkan latar belakang film tersebut yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah mancanegara.

"Jawabannya adalah karena ini festival film Indonesia, maka keterlibatan film Indonesia pada festival internasional pasti akan menjadi pertimbangan seluruh jajaran Akademi Citra,"kata Reza Rahadian dalam jumpa persnya di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/10/2023).

Sebab prestasi tersebut dirasa penting untuk dunia perfilman Indonesia. Ia tidak ingin menghilangkan momen kebanggaan dari sebuah karya film yang menorehkan prestasi di luar negeri.

Baca juga: Daftar Lengkap Nominasi Piala Citra FFI 2023, Film Budi Pekerti Borong 17 Nominasi

"Karena itu informasi yang akan mereka highlight, bagaimana mungkin sebuah film menorehkan prestasi yang cemerlang di festival film internasional tiba-tiba begitu saja lewat di dalam negeri?," ungkap Reza.

Selain itu, Reza mengungkapkan jika jumlah penonton dalam film tidak menentukan apakah karya tersebut bisa masuk dalam nominasi FFI 2023.

"Kalau soal jumlah penonton saya jawab tidak, jumlah penonton tidak memperngaruhi apakah film itu menjqmin dalam nominasi atau tidak itu diluar kendali kami. Balik lagi suaranya adalah suara Akademi Citra," ungkap Reza.

Dengan demikian semua keputusan indikasi film yang mampu masuk nominasi dalam Piala Citra FFI 2023 berada di tangan Akademi Citra.

"Jadi Akademi Citralah yang menentukan seluruh jajaran peraih noninasi berdasarkan bckgroun dari tiap-tiap anggota akademi," tandas Reza.

Diketahui, Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia (FFI) 2023 akan berlangsung pada 14 November di Ciputra Artpreneur Theater, Jakarta pada 19.00 WIB.

Malam puncak ini juga akan disiarkan secara langsung dalam kanal YouTube dan Instagram Festival Film Indonesia.

Kemudian Rossa dan Iwan Fals akan mengisi malam puncak Piala Citra FFI 2023.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat