androidvodic.com

Transpuan Masuk Nominasi Aktris Terbaik FFI hingga Tuai Pro Kontra, Reza Rahardian Beri Penjelasan - News

News - Aktor sekaligus Ketua Komite Festival Film Indonesia (FFI), Reza Rahardian memberikan penjelasannya mengenai pro kontra transpuan yang masuk dalam nominasi "Pemeran Utama Perempuan Terbaik" FFI.

Transpuan yang dimaksud adalah Asha Smara Darra yang sebelumnya dikenal dengan nama Oscar Lawalata.

Reza Rahardian mengatakan, keputusan aktor dan aktris yang masuk ke kategori nominasi FFI ditentukan oleh produser film sendiri.

"Pertanyaan soal Asha, seorang transpuan. Kami di komite itu selalu mendapatkan daftar aktor aktris baik pendukung maupun utama itu melalui penuh keputusan produser."

"Jadi keputusan itu adanya bukan di komite tapi produser yang mendaftarkan," ujar Reza Rahadian di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (2/11/2023), dikutip dari Wartakota.com.

"Misalnya saya bermain dalam sebuah film, di mana peran saya mungkin cukup banyak di film itu tapi tiba-tiba produser berpikir saya akan mendaftarkan untuk kategori pemeran pendukung," lanjutnya lagi.

Masuknya Asha Smara Darra yang dulu dikenal dengan nama Oscar Lawalata menjadi pro dan lontra meningingat pemeran film SARA ini merupakan seorang transpuan - Reza Rahardian memberikan penjelasannya mengenai pro kontra transpuan yang masuk dalam nominasi
Masuknya Asha Smara Darra yang dulu dikenal dengan nama Oscar Lawalata menjadi pro dan lontra meningingat pemeran film SARA ini merupakan seorang transpuan - Reza Rahardian memberikan penjelasannya mengenai pro kontra transpuan yang masuk dalam nominasi "Pemeran Utama Perempuan Terbaik" FFI. (kolase/instagram)

Baca juga: Alasan Oscar Lawalata jadi Transgender di Usia 40 Tahun, hingga Ganti Nama Jadi Asha Smara Darra

Dijelaskan Reza Rahardian, Komite FFI hanya memberikan formulir kepada setiap produser untuk menuliskan nama-nama dan kategori aktor/aktris yang ingin diajukan.

Jadi, pro dan kontra mengenai hal tersebut dikatakan Reza Rahardian sudah beres.

"Itu terserah produser, jadi kami hanya memberikan form, diisi oleh produser, nama aktor-aktor, aktris-aktris yang ada di film itu mau didaftarkan di wilayah kategori yang mana."

"Jadi menurut saya itu sudah cukup clear, Asha didaftarkan pada pemeran utama wanita, perempuan dan itu yang kami terima" ujar dia.

Nama Asha pun sudah diumumkan menjadi salah satu nominasi "Pemeran Utama Perempuan Terbaik" FFI melalui kurasi dari Akademi Citra.

"Kami umumkan ketika namanya sudah ada di vote oleh cukup banyak oleh akademi juga.

"Sehingga memasuki urutan menjadi salah satu nomine di dalam pemeran utama wanita terbaik," pungkasnya.

Tambahan informasi, Asha merupakan pemeran utama di Film Sara yang berperan sebagai Sara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat