androidvodic.com

Ketahui Aturan Isolasi Bagi Pasien Monkeypox - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Kasus Monkeypox atau cacar monyet merupakan penyakit menular dan saat ini kasusnya di Indonesia menunjukkan kenaikan. 

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Mpox Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Hanny Nilasari menerangkan bagaimana isolasi bagi pasien Monkeypox. 

"Kalau untuk aturan isolasi mengikuti arahan dokter merawat. Isolasi mandiri bisa berlangsung 14-21 hari, tergantung kondisi lesi kulit," ungkapnya pada media briefing virtual, Jumat (10/11/2023). 

Kriteria sembuh pada pasien adalah tidak demam 3 kali 24 jam. Kemudian sudah tidak ada lesi kulit yang baru atau kelainan kulit tambahan. 

Semua kropeng dari lesi sudah lepas, sudah ada epitel baru pada kulit. 

"Jadi dokter nanti yang akan menentukan kriteria sembuh. Kalau misalnya kriteria sembuh sudah ada, dokter akan mengindikasikan pulang atau boleh lepas isolasi mandiri," paparnya. 

Namun, pasien tidak boleh menilai diri sendiri. 

Dokter yang nantiny akan melakukan penilaian kapan seseoran boleh lepas isolasi mandiri. 

"Isolasi mandiri bisa dilakukan 14-21 hari," kata dr Hanny. 

Sedangkan untuk melakukan tes PCR hanya diindikasi 1 kali pada saat pertama kali menduga lesi suspect.

"Kalau misalnya ada pasien dengan kelainan kuit khas Mpox, kita melakukan pemeriksaan PCR, ambil spesimennya. Kemudian akan melakukan pemeriksaan laboratorium," paparnya.

Kalau hasilnya terkonfirmasi, pasien akan dirawat inap.

Pada saat hari-hari terakhir dokter akan melakukan penilaian kesembuhan.

"Saat pasien sudah lesi tidak ada, tidak ada lagi lesi atau cairan diambil. Sehingga tidak diperlukan pemeriksaan ulang, untuk menilai kriteria," tutupnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat