androidvodic.com

Film Pendek Dear Bapak, Ungkapan Cinta Dina Subono dan Penghargaan ke Sosok Ayah - News

Laporan Wartawan Hasiolan EP/News

News, JAKARTA - Gagasan tentang “Bapak” dalam cerita film Indonesia tak ada habisnya untuk digali. Entah berapa banyak judul film bertema “Bapak” – baik dalam format film pendek maupun film industri dipresentasi. Sama halnya sosok ibu, keberadaan seorang “Bapak” seperti tak pernah habis menjadi inspirasi.

Satu lagi cerita film pendek yang menyoal 'Bapak’ sedang dalam tahap produksi berjudul “Dear Bapak.” Penulis cerita dan sutradara film tersebut adalah Dina Subono, sineas yang juga produser, aktris film dan seorang disc jockey (DJ).

“Tema film pendek 'Dear Bapak' mengangkat bagaimana kasih sayang seorang bapak kepada anaknya. Ada muatan nilai sosial; keluarga, sosial budaya, pendidikan, serta sikap moral,” ujar Dina Subono kepada wartawan di Jakarta, Rabu (26/06/2024).

Baca juga: Disk Jockey Dina Subono Kembali pada Hakikat Manusia Paling Mulia

Film bagi Dina, merupakan karya sastra dalam bentuk visual. Lewat gambar Dina ingin menampilkan berbagai jalinan unsur pengalaman yang menjadi daya gerak yang menghidupkan sisi manusiawi.

“Film ini lahir dari keberagaman konflik kehidupan yang ada di masyarakat dilihat dari perspektif hubungan seorang bapak dengan anaknya,” papar sutradara yang sudah menggarap beberapa judul film pendek ini.

Sebelumnya Dina Subono menyutradarai film pendek bertajuk “Tiga Mata.”

Film pendek ini masuk dalam jajaran The Top 60 Finalists Indonesian Short Film Festival (ISFF) SCTV 2016.

Selanjutnya, Dina Subono, sutradara yang kini sedang menyelesaikan Program Studi S2 Jurusan Tata Kelola Seni di Sekolah Pascasarjana Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ini pernah menyutradarai film pendek berjudul "Cintanya Cinta Raga.” Film tersebut merupakan nukilan kedua selepas suksesnya film pendek “Tiga Mata", sebagai film pendek karya pertama Dina Subono ini.

Dina Subono mengaku tetap fokus pada karya film pendek yang menurutnya selalu menawarkan perspektif berbeda. Film pendek menurutnya mengandung persepsi subjektif. Bisa bersifat paradoksal, absurd, politis, dan bahkan mengandung unsur mistis.

Melalui film pendek "Dear BapakDina Subono mencoba memotret dan menarasikan fenomena sosial. Merespon dan mengolah realitas zaman yang abstrak mewujud dalam sebuah karya yang dapat dilihat secara kasatmata.

“Semoga film pendek "Dear Bapak" ini memberi manfaat dan menyadarkan kita untuk benar-benar melihat fenomena dan keberagamaan secara lebih arif dan bijak,” ungkap seniman serba bisa yang juga konsultan hukum Lulusan S2 Magister Kenotariatan Universitas Pancasila Jakarta ini.

Baca juga: Ekspresi Estetis Dina Subono Lewat Film Pendek Cintanya Cinta Raga

Film pendek "Dear Bapak” diproduksi oleh Anidkana Films. Penanganan produksi dipercayakan kepada Ramacanaa sebagai Produser Eksekutif, serta Wisnu Heru Luhur dan Yunus Fiore selaku Produser. Director Of Photography dipercayakan kepada Iqbal, Soundman W Oedin Ichsan, dan Behind the Scene Immanuel Ardika. Penata Musik Film Lambara Dimas Anya.

Ada tiga tokoh utama dalam film ini, yaitu pemeran Pak Suban, diperankan oleh aktor senior alumni Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Dr. Sudibyo JS, SSn MSn, yang saat ini juga menjadi Dosen di almamaternya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat