androidvodic.com

Eng Hian, Sosok di Balik Medali Emas Olimpiade, Ubah Greysia/Apriyani dari Bukan Unggulan Jadi Juara - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Datang dan tampil sebagai pasangan yang tidak diunggulkan (unseeded players), Greysia Polii/Apriyani Rahayu justru sukses memukau dunia dengan torehan medali emasnya.

Ketua Harian PB Jaya Raya, Imelda Wigoeno mengatakan pencapaian tinggi Greysia/Apriyani di Olimpiade ini selain karena berkat kerja keras mereka juga karena peran penting dari sang pelatih, Eng Hian.

Imelda mewakili Jaya Raya pun mengucapkan terima kasih kepada Eng Hian yang sudah bisa melatih kedua pemain jebolan Jaya Raya tersebut.

Baca juga: Sejarah! Greysia Polii/Apriyani Rahayu Rebut Medali Emas Olimpiade Tokyo 2020

Apriyani Rahayu dari Indonesia dan Greysia Polii dari Indonesia (bawah) merayakan dengan seorang pelatih setelah memenangkan pertandingan final bulu tangkis ganda putri melawan Jia Yifan dari China dan Chen Qingchen dari China selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo. Senin (2 Agustus 2021). (Pedro PARDO/AFP)
Apriyani Rahayu dari Indonesia dan Greysia Polii dari Indonesia (bawah) merayakan dengan pelatih mereka, Eng Hian, setelah memenangkan pertandingan final bulu tangkis ganda putri melawan Jia Yifan dari China dan Chen Qingchen dari China selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo. Senin (2 Agustus 2021). (Pedro PARDO/AFP) (AFP/PEDRO PARDO)

Baca juga: Medali Emas Greysia/Apriyani Bawa Indonesia Samai Rekor Prestisius China di Ajang Olimpiade

“Saya juga tidak lupa berterima kasih kepada pelatihnya (Eng Hian) yang sudah melatih Greysia/Apriyani, atas nama Jaya Raya, atas nama PT Pembangunan Jaya Group atas yayasan kita, kita berterima kasih banget. Kamu sudah melatih anak dua ini sehingga bisa mendapatkan medali emas Olimpiade,” kata Imelda saat dihubungi Tribunnews, Senin (2/8/2021).

“Karena tidak mungkin lepas dari peran pelatih, apalagi kalau putri kan susah, kalau sekarang ada, besok belum tentu ada lho, tapi dengan Eng Hian saya lihat hubungan mereka itu baik,” lanjutnya.

Baca juga: Tak Sangka Greysia/Apriyani Bisa Raih Emas, Ketua PB Jaya Raya Soroti Perbedaan Mencolok Apriyani

Atlet Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii Indonesia berpose dengan medali emas bulu tangkis ganda putri mereka pada upacara selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 2 Agustus 2021. (Alexander NEMENOV/AFP)
Atlet Indonesia Apriyani Rahayu (kanan) dan Greysia Polii Indonesia berpose dengan medali emas bulu tangkis ganda putri mereka pada upacara selama Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo pada 2 Agustus 2021. (Alexander NEMENOV/AFP) (AFP/ALEXANDER NEMENOV)

Baca juga: Hendra Setiawan Pamit dari Olimpiade, Pebulutangkis Singapura: Jangan Tipu Lo

“Istri Eng Hian juga baik jadi ada kekeluargaannya. Di luar teknis, jadi anak-anak ini tidak takut mengeluarkan perasaannya. Kami terima kasih banget karena untuk membimbing Apri kan tidak mudah, kan waktu itu belum dewasa lah,” ujar Imelda.

Atas raihan medali emas Greysia/Apriyani, Imelda Wigoeno mengatakan pihaknya sangat bangga sekali melihat kedua atlet binaan Jaya Raya itu bisa mengharumkan nama Indonesia di Olimpiade 2020.

Ia pun menyebut bakal ada apresiasi atau bonus yang diberikan PB Jaya Raya kepada Greysia/Apriyani.

Namun, dirinya belum memastikan berapa nominal yang bakal diterima Greysia/Apriyani.

Baca juga: Deretan Hadiah dan Bonus yang Dijanjikan ke Greysia/Apriyani, Dari Duit Miliaran Sampai Rumah di PIK

Apriyani Rahayu dari Indonesia dan Greysia Polii (kanan) dari Indonesia merayakan kemenangannya setelah memenangkan pertandingan final bulu tangkis ganda putri melawan Jia Yifan dari China dan Chen Qingchen dari China pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo. Senin (2 Agustus 2021). (Alexander NEMENOV/AFP)
Apriyani Rahayu dari Indonesia dan Greysia Polii (kanan) dari Indonesia merayakan kemenangannya setelah memenangkan pertandingan final bulu tangkis ganda putri melawan Jia Yifan dari China dan Chen Qingchen dari China pada Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sports Plaza di Tokyo. Senin (2 Agustus 2021). (Alexander NEMENOV/AFP) (AFP/ALEXANDER NEMENOV)

“Kalau soal itu (bonus) sudah pasti ada tapi saya belum bisa ngomong dulu. Tapi yang jelas sudah pasti, itu kan tradisi. Yang dapat medali di Olimpiade dapat apa, tinggal nanti dari pimpinan saya saja,” kata Imelda.

Seperti diketahui, PB Jaya Raya memang kerap memberikan apresiasi kepada para atletnya yang sudah membawa nama baik Indonesia dan klub.

Terakhir, PB Jaya Raya memberikan bonus kepada atletnya yang mendapatkan medali di Kejuaraan Dunia Badminton BWF 2019, Basel, Swiss.

Baca juga: Deretan Hadiah dan Bonus yang Dijanjikan ke Greysia/Apriyani, Dari Duit Miliaran Sampai Rumah di PIK

Baca juga: Medali Emas Greysia/Apriyani Bawa Indonesia Samai Rekor Prestisius China di Ajang Olimpiade

Saat itu, Hendra Setiawan yang merupakan pemain asal Jaya Raya mendapatkan bonus sebesar Rp 500 juta lantaran sukses menjadi kampiun di ajang tersebut bersama dengan Mohamad Ahsan.

Tak hanya itu, PB Jaya Raya juga memberikan masing-masing Rp 125 juta kepada atlet binaan mereka Muhammad Rian Ardianto, Greysia Polii dan Apriyani Rahayu.

Rian yang bermain di nomor ganda putra bersama Fajar Alfian sukses meraih medali perunggu, begitu juga dengan Greysia/Apriyani yang memperolehnya di ganda putri.

Tak hanya atlet, kala itu PB Jaya Raya juga memberikan bonus kepada kepala pelatih ganda putra Pelatnas PBSI, Herry Iman Pierngadi sebesar Rp 50 juta dan pelatih kepala ganda putri Pelatnas PBSI, Eng Hian Rp 30 juta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat