androidvodic.com

Dihelat Eshark Motorsport, Balap Touring 1.200 dan 1.500 CC Akan Meriahkan Seri ISSOM 2023 - News

Dihelat Eshark Motorsport, Balap Touring 1.200 dan 1.500 CC Akan Meriahkan Seri ISSOM 2023

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News - Ajang balap mobil Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2023 akan dimeriahkan oleh kehadiran event baru bertajuk Eshak Dapur Cokelat Touring Championship 2023.

Balapan baru ini digagas oleh Eshark Motorsport bekerjasama dengan Dapur Cokelat dan kompetisi ini akan diselenggarakan mengikuti jadwal resmi ISSOM dan balapan pembuka akan bertangsung di putaran2 ISSOM pada 23-25 Juni 2023 di Sirkuit Intenasional Sentul, Bogor.

Faris Luthfi yang menjadi promotor balapan ini mengatakan, penyelenggaraan kompetisi ini diinspirasi oleh kesuksesan penyelenggaraan kejurnas Gokart yang berhasil melahirkan bibit pebalap baru yang selanjutnya akan diteruskan lewat gelaran balap touring.

Baca juga: Tampil Kompetitif di ISSOM Sentul, David Djaja Berkibar di Dunia Balap Mobil Nasional

Kelas balapan yang dilombakan adalah mobil-mobil 1.200cc dan 1.500cc produksi baru dan lama seperti generasi Toyota Yaris lama atau Suzuki Swift.

"Event ini diselenggarakan untuk memfasilitasi pembalap-pembalap muda yang ingin mengikuti kejuraan balap mobil touring,” ujar Lutfi.

"Eshark Motorsport selama ini sudah tujuh tahun di olahraga motorsport gokart. Kita ingin jajaki ke olahraga motorsport yang levelnya lebih tinggi yakni balap mobil touring dan setelah melalui pembicaraan dengan pengelola Sirkuit Sentul, kita dapat satu slot balapan," ungkap Faris Luthfi.

Faris menjelaskan, ajang ini cocok untuk pembalap yang belum siap membeli mobil lebih baru di balap ISSOOM.

"Mereka bisa ikut di balapan kita berkompetisi dengan mobil yang dimilikinya," ujarnya.

"Kita berpikir ingin terus membesarkan motorsport di Indonesia dan ingin ini bisa jadi industri. Ini balap yang terbuka untuk peserta dari mana saja. Regulasi batasan tahun kendaraan kita buka lebih lebar lagi seperti generasi Yaris lama atau Suzuki Swift," ungkapnya.

Faris belum bersedia menyebutkan rincian regulasi yang akan diberlakukan. "Regulasinya sedang kita matangkan," kata dia.

Putaran perdana Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/3/2021).
Putaran perdana Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM) 2021 di Sirkuit Internasional Sentul, Bogor, Jawa Barat, Minggu (28/3/2021). (HandOut/Istimewa)

Di awal kejuaraan ini, untuk mobil 1200 dan 1500 cc dulu, kita masukkan satu slot dulu, lalu kita lihat animo pesertanya," ungkapnya.

Fredi Rostiawan, Kepala Bidang Olahraga Mobil IMI Jawa Barat mengatakan penyelenggaraan balapan Eshark Dapur Cokelat Touring Championship 2023 juga menjadi kejurda balap mobil touring Jawa Barat.

"Dengan dukungan dari IMI Jawa Barat, kejuaraan ini mendapat status kejuaraan daerah (Kejurda)," ujarnya.

Karena statusnya sebagai Kejurda, di penyelenggaraan balapan ini IMI Jabar akan ikut ambil poin khusus untuk pebalap-pebalap dari Jawa Barat yang tampil sebagai peserta dengan KTA dan KIS Hawa Barat.

"Dari pembicaraan sebelumnya, kita ingin sisipkan balap kejurda Jawa Barat. Lalu kita sepakat masukkan 1 slot di balap Issom yang terdiri dari dua kelas, 1200 dan 1500 cc untuk akomodir peserta pebalap dari Jawa Barat," kata Fredi Rostiawan.

"Event ini akan setara dengan event berseri nasional. Untuk peserta dengan KTA Jabar akan mendapatkan dua trofi jika jadi juara di event ini. Untuk peserta yang akan tampil secara keseluruhan kita proyeksikan bisa diikuti setidaknya pebalap dari Jabar dan DKI Jakarta," imbuhnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat