androidvodic.com

Fokus Timnas Voli Putra Indonesia Benahi Ranking Dunia FIVB, Tembus VNL 2024 Bonus - News

News - Timnas voli putra Indonesia mengusung beragam misi pada AVC Challenge Cup 2023, selain diharapkan bisa menembus kejuaraan dunia Volleyball Nations League (VNL) 2024.

Wakil Pembinaan Prestasi PP. PBVSI, Loudry Maspaitella, menyampaikan, ajang AVC Challenge Cup 2023 bisa dimanfaatkan oleh Timnas voli putra untuk membenahi rangking Indonesia di FIVB.

Maklum, juara SEA Games di tiga edisi terakhir (2019, 2021, dan 2023) tidak berkorelasi dengan ranking Indonesia di voli dunia putra FIVB.

Timnas voli putra Indonesia diketahui berada di luar ranking 75 dunia. Bahkan di level Asia, Rivan Nurmulki dan kolega berada di luar 20  besar.

Baca juga: Hari Ini Timnas Voli Putra Indonesia Berangkat ke Taiwan, Jiang Jie Tak Mendampingi

Bahkan jika dikomparasikan dengan tim voli putra Thailand, Indonesia tak lebih baik secara peringkat. 

Padahal dalam event tiga SEA Games terakhir, tim voli putra Negri Gajah Putih tak pernah menyabet medali emas. Ini menunjukkan minimnya partisipasi Timnas voli putra Indonesia di kejuaraan level Asia berpengaruh kepada ranking FIVB.

Terakhir kali Indonesia mengikuti kejuaraan voli putra level Asia ialah musim 2019, yakni Asian Sr. Mens Volleyball Championship. 

Saat itu, nama pemain muda seperti Rivan Nurmulki, Rendy Tamamilang hingga Aji Maulana menjadi pilarnya. Mereka mengakhiri kejuaraan tersebut di peringkat ke-12.

Mundur dua tahun, saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Men's Volleyball Championship di Gresik, tim voli putra Tanah Air tampil meyakinkan.

Sigit Ardian dan kolega kala itu finis di posisi ke-4.

"Hasil positif di SEA Games yang meraih medali emas di tiga kesempatan terakhir (2019, 2021, dan 2023) tidak berkolerasi pada ranking kita di FIVB," buka Loudry Maspaitella, seperti yang dikutip dari YouTube Proliga Official, Rabu (5/7/2023).

"Saat ini posisi kita (Timnas voli putra Indonesia) berada di luar ranking 75 dunia."

"Bahkan di Asia, kita keluar dari peringkat 20. Jadi kita harus akui, ranking Thailand yang pada tiga SEA Games terakhir tidak bisa menjadi juara, rankingnya lebih baik dibandingkan Timnas Indonesia."

"Jadi kita memiliki kesempatan pada AVC Challenge ini dapat membuktikan di mana posisi kita yang semestinya, baik di Asia maupun dunia," terang Bung Loudry.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat