androidvodic.com

Poin Klasemen MotoGP 2023: Bagnaia Belum Goyah, Rekor 10 Tahun Lorenzo di Silverstone Terancam - News

News - Tabel perolehan poin di papan klasemen MotoGP 2023 menempatkan pembalap andalan Ducati Lenovo Teaml, Francesco Bagnaia sebagai yang teratas.

Francesco Bagnaia mengumpulkan 194 poin berbekal empat kemenangan pada paruh pertama musim MotoGP 2023.

Pecco Bagnaia unggul 35 poin dari peringkat kedua yang dihuni rider Pramac Ducati Jorge Martin. Marco Bezzecchi (Mooney VR46) mengekor di tangga ketiga lewat poin 158.

Jelang balapan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone pada 6 Agustus mendatang, diprediksi posisi Bagnaia sebagai peraih koleksi poin terbanyak sejauh ini belum bakal tergoyahkan.

Baca juga: MotoGP 2023: Quartararo dan Marquez Tak Sabar Ngebut di Mandalika, Bagnaia Pilih Malaysia

Potensi Bagnaia untuk turun peringkat setelah MotoGP Inggris jelas ada, namun kecil. Syarat Jorge Martin untuk mengkudeta Pecco Bagnaia di MotoGP Inggris terbilang terjal.

Jika dihitung, Jorge Martin wajib memenangkan sesi main race dan sprin race yang secara poin bakal berjumlah 36 (25 +12). Itupun Martin tidak serta-merta langsung bisa menduduki posisi puncak klasemen.

Syaratnya, Bagnaia tidak menorehkan poin sama sekali dalam sesi sprint dan main race MotoGP Inggris.

Pecco Bagnaia memiliki peluang besar untuk kembali merajai Sirkuit Silverstone

Lupakan sejenak tren positif dari kekasih Domizia Castagnini sepanjang paruh pertama musim 2023. Faktanya, pembalap asal Turin ini merupakan juara bertahan di Inggris.

Pebalap Ducati Lenovo Team Italia Francesco Bagnaia melakukan selebrasi usai menjuarai MotoGP Belanda di sirkuit TT Assen, 25 Juni 2023. (Photo by John THYS / AFP)
Pebalap Ducati Lenovo Team Italia Francesco Bagnaia melakukan selebrasi usai menjuarai MotoGP Belanda di sirkuit TT Assen, 25 Juni 2023. (Photo by John THYS / AFP) (AFP/JOHN THYS)

Musim lalu, Pecco Bagnaia berhasil finis di posisi pertama setelah menorehkan waktu tercepat 40 menit 10,260 detik..

Dia sukses mengalahkan Maverick Vinales (Aprilia) dan Jack Miller yang kala itu masih membela pabrikan Ducati. Walhasil, potensi Bagnaia untuk back to back merajai Sirkuit Silverstone terbuka lebar.

Merujuk dari data laman resmi MotoGP, belum ada pembalap yang mampu back to back menang di MotoGP Inggris sejak terakhir kali terukir atas nama Jorge Lorenzo.

Lorenzo mampu menjadi pemenang di Grand Prix Inggris pada musim MotoGP 2012 dan 2013. Artinya, telah berlalu satu dekade rekor milik pria berjuluk X-Fuera ini bertahan.

Namun rekor itu dapat dipatahkan oleh Pecco Bagnaia asal mampu menutup MotoGP Inggris 2023 nanti sebagai pemenang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat