androidvodic.com

Pole Position MotoGP Catalunya 2023: Aleix Espargaro OTW Selevel dengan Anggota Fantastic Four - News

News - Perebutan pole position MotoGP Catalunya 2023 menghadirkan sorotan yang tertuju kepada pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro dan anggota Fantastic Four.

Aleix Espargaro pole position MotoGP Catalunya 2023 jika terealisasi dapat menempatkan dirinya selevel dengan Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi.

Perebutan pole position akan tersaji pada sesi Kualifikasi MotoGP Catalunya 2023 di Sirkuit Catalunya, Sabtu (2/9/2023) mulai jam 15.50 WIB.

Baca juga: Kualifikasi MotoGP Catalunya 2023: Marc Marquez Ogah Lihat Hasil Biar Tak Frustrasi

Sebagai catatan, hanya ada 3 pembalap dengan jumlah pole position atau start balapan urutan pertama terbanyak paa Grand Prix Catalunya, tepatnya terhitung sejak 2002.

Dirangkum dari laman resmi MotoGP, ada Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa dan Valentino Rossi merupakan pemngoleksi pole position MotoGP Catalunya.

Menariknya, ketiga pembalap ini bersama Casey Stoner merupakan anggota Fantastic Four yang pernah menghiasi ajang balap MotoGP.

Khusus Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, dua mantan pembalap Yamaha ini menjadi rider yang sukses mengkonversikan polesitter menjadi kemenangan di Catalunya. 

Setelah keduanya, tidak ada pembalap lain yang mampu mengukir prestasi serupa hingga kini.

Lantas apa yang menjadi benang merahnya dengan Aleix Espargaro?

Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia memimpin balapan di tikungan 1 sprint race MotoGP Austria 2023 di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, pada 18 Agustus 2023.
Pembalap Ducati Lenovo Francesco Bagnaia memimpin balapan di tikungan 1 sprint race MotoGP Austria 2023 di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg, pada 18 Agustus 2023. (Jure Makovec / AFP)

Pembalap Aprilia Racing Ducati ini tercatat sudah membukukan dua kali pole position saat melakoni balapan kandang. Yap, Aleix Espargaro merupakan rider kelahiran Catalonia, Barcelona.

Tak heran jika kakak Pol Espargaro begitu berambisi untuk tampil perfek di depan pendukungnya sendiri.

Aleix Espargaro kali pertama pole di GP Catalunya terjadi pada tahun 2015, dan pole position MotoGP Catalunya keduanya tersaji di musim lalu.

Hanya saja dari dua kali start posisi pertama, tidak bisa dikonversikan menjadi kemenangan.

Faktanya memang demikian, Catalunya sejak era 4-Tak menggelar 21 kali balapan. Dari jumlah itu, hanya tiga kali rider start dari P1 dan finis sebagai pemenang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat