androidvodic.com

Bursa Transfer Pembalap MotoGP: Bastianini Diincar Aprilia, Jalan Marc Marquez ke Ducati Lancar Jaya - News

News - Bursa transfer pembalap MotoGP 2025 semakin bergeliat meski musim 2024 baru memulai kejuaraan dunia Maret mendatang. Aprilia terbuka meminang Enea Bastianini, Ducati auto pepet Marc Marquez.

Pasar transfer pembalap MotoGP 2025 dijamin panas sejak awal kalender 2024, mengingat kontrak para rider akan usang setelah musim ini berakhir.

Marc Marquez, Fabio Quartararo, Enea Bastianini menjadi contoh nama pembalap yang akan berstatus tanpa tim di MotoGP 2025.  Oleh karena itu sejumlah tim sudah bermanuver jauh-jauh hari untuk mendekati pembalap incarannya.

Satu di antaranya dilakukan CEO Aprilia, Massimo Rivola. Dia secara terang-terangan menegaskan ketertarikannya kepada rider Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini.

Marc Marquez bersama Livery baru Gresini Ducati untuk MotoGP 2024 dalam acara presentasi tim, Sabtu (20/1/2024).
Marc Marquez bersama Livery baru Gresini Ducati untuk MotoGP 2024 dalam acara presentasi tim, Sabtu (20/1/2024). (MotoGP)

Saat ini, Aprilia Racing menaungi empat pembalap, yang semuanya mendapatkan kontrak pabrikan.

Mereka adalah Aleix Espargaro dan Maverick Vinales di Aprilia Racing, serta Miguel Oliveira dan Raul Fernandez di Trackhouse Racing. Uniknya, tak satu pun dari mereka berkebangsaan Italia.

Bastianini dan empat rider Aprilia ini termasuk dalam 19 pembalap yang kontraknya dengan skuad masing-masing akan habis akhir tahun nanti.

Rivola pun tak memungkiri dirinya masih berharap bisa menggaet 'Bestia'.

"Saya rasa semua orang tahu bahwa Enea merupakan salah satu rider yang saya suka. Carlo Pernat, manajernya, tahu betul bahwa juga berkat saya, ia meraih hasil-hasil tertentu dalam negosiasinya dengan Ducati," ungkap Rivola, seperti yang dikutip dari laman GPOne.

"Seorang rider Italia jelas akan bermanfaat bagi kami. Entah itu Enea atau yang lainnya, masih terlalu dini untuk membicarakannya. Mungkin kami harus mengonfirmasi ulang kedua rider kami, walau kita melihat dalam Eco Race bahwa menang dengan dua rider dan motor Italia terdengar hebat," lanjutnya.

Pembalap Ducati Tim Lenovo Italia Enea Bastianini bersaing di depan pebalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Alex Marquez pada Grand Prix MotoGP Malaysia di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 12 November 2023.
Pembalap Ducati Tim Lenovo Italia Enea Bastianini bersaing di depan pebalap Gresini Racing MotoGP asal Spanyol Alex Marquez pada Grand Prix MotoGP Malaysia di Sirkuit Internasional Sepang di Sepang pada 12 November 2023. (MOHD RASFAN / AFP)

Baca juga: Solidaritas Murid Valentino Rossi di MotoGP 2024, Sebut Marquez Bukan Kandidat Juara Dunia

Di lain sisi, Rivola yang menjabat sebagai CEO Aprilia Racing sejak 2019 ini juga tak memungkiri bahwa semua tim dan pabrikan bakal saling sikut mengejar pembalap buruan mereka pada tiga bulan pertama usai musim kompetisi 2024 berlangsung.

"Saya sangat senang dengan dua, bahkan empat pembalap yang kami punya. Tiga bulan pertama bakal sangat liar untuk bursa pembalap, tetapi akan menghadapinya dengan cara yang sangat kalem," terang Rivola.

Jalan Mulus Marc Marquez ke Pabrikan Ducati

Situasi ini memberikan keuntungan bagi Marc Marquez. Sebagaimana diketahui, musim 2024 menjadi debut Marc Marquez bersama Gresini setelah 11 tahun memperkuat tim Repsol Honda.

Hanya saja opsi baru diberikan oleh pabrikan Ducati untuk meminang The Baby Alien.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat