androidvodic.com

Negara Lionel Messi Lagi Berhemat, MotoGP Argentina 2024 Terancam Batal - News

News - MotoGP Argentina 2024 di Sirkuit Termas de Rio Hondo dirumorkan batal. Masalah inflasi ditengarai jadi sebab balapan di negara Lionel Messi terancam dicoret dari kalender 2024.

Promotor lokal disebut memilih memutus kontrak dengan pemegang hak Dorna dan lebih memilih bayar denda daripada mengadakan balapan. 

Menurut laporan Speedweek, penyebab utamanya adalah tingginya tingkat inflasi di negara Amerika Selatan yang mengejutkan.

Pada Desember 2023 terjadi inflasi sebesar 211,4 persen. Oleh karena itu, presiden baru Argentina, Javier Milei, menerapkan kebijakan penghematan yang ketat.

Pebalap beradu cepat menjadi yang terdepan pada awal balapan MotoGP Argentina Grand Prix, di sirkuit Termas de Rio Hondo, di Santiago del Estero, Argentina, pada 2 April 2023. (Photo by JUAN MABROMATA / AFP)
Pebalap beradu cepat menjadi yang terdepan pada awal balapan MotoGP Argentina Grand Prix, di sirkuit Termas de Rio Hondo, di Santiago del Estero, Argentina, pada 2 April 2023. (Photo by JUAN MABROMATA / AFP) (AFP/JUAN MABROMATA)

Kini Presiden Javiet Milei dilaporkan sedang membahas rencana pembatalan MotoGP Argentina 2024.

Masih dari laporan yang sama, kepastian masuk atau tidaknya Argentina dalam kalender MotoGP 2024 akan diputuskan paling cepat pekan ini.

Jika MotoGP Argentina 2024 benar-benar dibatalkan, kemungkinan Dorna Sport akan memasukkan trek cadangan di Sirkuit Balaton, Hungaria, sebagai penggantinya. Namun lintasan tersebut dikabarkan belum memenuhi standar MotoGP.

Sejauh ini belum diketahui pengganti pasti bila Sirkuit Termas de Rio Hondo dicoret dari kalender.

Sebelumnya, Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, juga sempat mendapatkan kritikan dari sejumlah tim pada MotoGP 2023.

Beberapa dari mereka mengeluhkan pit yang kotor dan kondisi kurang baik di trek balap.

Kehebohan juga sempat terjadi di sirkuit MotoGP Argentina pada 2021 lalu.

Ketika itu sebagian bangunan pit hancur akibat kebakaran di area ruang VIP Sirkuit Termas de Rio Hondo, tepatnya di atas area pit dan dekat media center.

Baca juga: KTM Masih Dilema soal Jatah Wildcard untuk Dani Pedrosa & Pol Espargaro di MotoGP 2024

Selain MotoGP, Argentina juga dikabarkan bakal membatalkan balapan Kejuaraan Dunia Motorcross yang digelar pada 9-10 Maret 2024.

Namun beberapa laporan menyebut gelaran balap Motorcross itu masih bisa diselenggarakan melalui kerja sama sejumlah pihak terkait.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat