androidvodic.com

MotoGP 2024 - Nilai Kontrak Pertamina dengan Tim Valentino Rossi Capai Ratusan Miliar Rupiah - News

News - Pertamina Enduro merupakan sponsor utama VR46 Racing Team di MotoGP 2024, dan memiliki durasi kerjasama hingga 2026, memiliki nilai kontrak ratusan juta Rupiah. 

Namun yang menjadi pertanyaan, berapa nilai kontrak Pertamina Enduro untuk menjadi sponsor utama tim milik Valentino Rossi itu?

Dalam artikel yang dirilis oleh GPOne, sebuah brand ataupun perusahaan yang ingin menjadi sponsor tim utama tim MotoGP harus menyediakan uang mencapai ratusan miliar Rupiah.

Artikel berjudul "MotoGP, Being Rosssi's Sponsor? Here's Whats it costs..." menjelaskan rincian dana sebuah tim untuk jadi sponsor utama, yang berada di kisaran 12 juta euro (setara Rp204 miliar) hingga 20 juta euro (Rp340 miliar) per tahun.

Sebagaimana yang diketahui, keputusan Pertamina Enduro menjadi sponsor utama VR46 Racing Team mencetak sejarah.

Kali pertama perusahaan asal Indonesia menjadi sponsor utama tim MotoGP yang merupakan kompetisi balap motor paling bergengsi di dunia.

VR46 Racing Team memiliki prospek menjanjikan di MotoGP 2024. Terlebih mereka merupakan mitra Ducati dalam penggunaan motor Desmosedici untuk kedua pembalapnya, Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio.

Melihat musim lalu bagaimana Bezzecchi mampu bersaing dalam perebutan gelar juara dunia, dan finis di peringkat ketiga di tabel klasemen akhir, menjadi keuntungan bagi Pertamina Enduro untuk bermitra dengan tim Rossi di MotoGP 2024.

Secara prediksi, Bezzecchi dan Diggia, dapat menjadi kejutan untuk menyaingi rider favorit juara seperti Francesco 'Pecco' Bagnaia, Marc Marquez, Jorge Martin hingga Fabio Quartararo.

Disampaikan Setyo Nugroho Utomo, VP Sales & Marketing Domestic Retail Pertamina Lubricants, diharapkan VR46 Racing Team mampu menunjukkan eksistensinya di MotoGP.

Bahkan bisa menjadi tim non-pabrikan pertama di era 4-Tak yang menjadi juara dunia.

Baca juga: Bursa Transfer Pembalap MotoGP - Teman Sekampung Pedro Acosta ke Pramac, Sayonara Jorge Martin!

"Kami berharap Pertamina Enduro VR46 Racing Team menjadi tim satelit pertama yang menjadi juara dunia dalam 3 tahun ke depan," terangnya seperti yang dikutip dari BolaSport.

Setyo Nugroho Utomo juga menjelaskan alasan di balik keputusan untuk menjadi sponsor tim balap MotoGP milik The Doctor.

"Kami sudah menerima tawaran sejak 2021 melalui joint development product. Ada beberapa yang masuk, rebutan. Tetapi kami mempertimbangkan partner dengan value lebih besar," ucap Setyo.

Di sisi lain, untuk besaran pasti nominal kontrak yang diteken Pertamian bersama VR46, Setyo Nugroho Utomo tak menjelaskan secara rinci.

"Efek dari kerjasama ini value yang kami dapat lebih besar dari apa yang kami keluarkan," ujar Setyo tanpa merinci nominal kerjasama dengan tim VR46.

Hanya saja dalam penjelasannya, nominal yang disediakan untuk mendukung Pertamina Enduro VR46 Racing Team lebih dari angka minimal yang dibutuhkan sebuah tim untuk menjadi sponsor utama tim MotoGP.

Kini, duet Bezzecchi dan Diggia sangat dinantikan di MotoGP 2024. Balapan perdana MotoGP 2024 berlangsung di Sirkuit Lusail, Qatar, Senin (11/3/2024) dini hari WIB.

(News/Giri)(BolaSport/Delia Mustikasari)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat