androidvodic.com

Wasit yang Ciptakan Sejarah Referee Challenge Proliga 2024 Pimpin Laga AVC Challenge Cup for Women - News

News - Pertandingan AVC Challenge Cup 2024 for Women antara India vs Iran di Rizal Memorial Coliseum, Manila, Filipina, Rabu (22/5/2024) menghadirkan sorotan.

Duel yang berkesudahan dengan skor 3-0 untuk kemenangan tim voli putri Iran ini dipimpin oleh wasit asal Indonesia, Matsuri.

Matsuri menjadi wasit utama dibantu wasit kedua asal Vietnam. Menariknya, belum lama ini Matsuri juga bertugas di kompetisi bola voli elite Indonesia, Proliga 2024.

Bahkan wasit asal Jawa Timur ini menciptakan sejarah sejak Proliga digelar pertama kali tahun 2002 atau 22 tahun silam. Yap, Matsuri menjadi wasit pertama di Indonesia yang menggunakan haknya berupa Referee Challenge.

Momen Referee Challenge di pertandingan Proliga 2024 antara Electric PLN menghadapi Jakarta BIN di Palembang, 9 Mei 2024. Yolla Yuliana (kiri) lakukan protes dan Megawati Hangestri (kanan) mempertanyakan sikap wasit pertandingan.
Momen Referee Challenge di pertandingan Proliga 2024 antara Electric PLN menghadapi Jakarta BIN di Palembang, 9 Mei 2024. Yolla Yuliana (kiri) lakukan protes dan Megawati Hangestri (kanan) mempertanyakan sikap wasit pertandingan. (Kolase Tribunnews)

Referee Challenge adalah kondisi di mana wasit meminta Challenge untuk melihat sebuah tayangan ulang melalui video untuk mengambil keputusan dalam situasi ragu-ragu.

Tepatnya pada pertandingan Jakarta Electric PLN menghadapi Jakarta BIN di GOR PSCC, Palembang, Kamis (9/5/2024), Matsuri yang bertindak sebagai wasit utama meminta Challenge.

Perlu diketahui dalam regulasi resmi FIVB, setiap wasit memiliki hak dan wewenang untuk mengambil challenge untuk menentukan keputusan jika kondisinya fifty-fifty.

Namun sejak Proliga mengenalkan teknologi VAR musim lalu, belum ada wasit yang menggunakan hak tersebut. Baru pada pertandingan Proliga 2024 antara Electric PLN menghadapi Jakarta BIN, sejarah itu tercipta.

Yolla bahkan beberapa kali harus mendatangi wasit untuk menjelaskan protes yang dilakukan timnya.

Dan benar, keputusan Matsuri mengambil Referee Challenge menunjukkan ada kesalahan dalam permainan Jakarta BIN ketika mengantisipasi bola quick dari Yolla Yuliana.

Keputusan wasit Matsuri mengambil Chellenge sempat membuat Megawati kesal, dia mempertanyakan sikap sang pengadil pertandingan.

Baca juga: Efek Megawati Absen, Vietnam Sesumbar Pertahankan Titel Juara AVC Challenge Cup for Women

Dari tayangan ulang video challenge memperlihatkan, dig dilakukan Wilda memang menghasilkan bola belum menyentuh lantai. Namun follow-up dari Nandita Ayu berbuah kesalahan.

Istri dari Aji Maulana itu melakukan kesalahan dengan memberikan umpan passing atas ketika kaki menginjak garis tiga meter.

Sebagai informasi, seorang libero seperti yang diemban oleh Nandita Ayu, memiliki beberapa aturan dalam pertandingan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat