androidvodic.com

Jadwal Terbaru MotoGP 2024 usai Seri India Batal, Marc Marquez Cs Ganti Balapan di Kazakhstan - News

News - Jadwal MotoGP 2024 mengalami perubahan setelah Grand Prix India dibatalkan. MotoGP Kazakhstan ditunjuk sebagai pengganti.

FIM, IRTA, dan Dorna Sports resmi membatalkan seri MotoGP India 2024 di Sirkuit Internasional Buddh yang harusnya digelar pada 20-22 September 2024.

Tanggal tersebut akhirnya dipindahkan untuk Grand Prix Kazakhstan di Sirkuit Sokol, yang tadinya juga sempat ditunda.

MotoGP Kazakhstan 2024 semula direncanakan menjadi tuan rumah MotoGP pertama kalinya pada 14-16 Juni 2024 usai gelaran tahun lalu dibatalkan.

Akan tetapi akibat banjir parah melanda wilayah Sokol, MotoGP Kazakhstan ditunda ke paruh kedua musim tanpa tanggal pasti.

Di lain sisi, Seri India diterpa banyak gosip soal kurangnya pendanaan dari pemerintah, ditambah cuaca panas ekstrem yang diperkirakan melanda pada September nanti.

Rumor soal pembatalan gelaran ini pun terus berembus di paddock MotoGP, terutama di Prancis di Catalunya.

Namun, pada Rabu (29/5/2024), FIM, IRTA, dan Dorna Sports akhirnya resmi mengumumkan bahwa seri India dibatalkan.

Selain itu, tanggal penyelenggaraannya kini diambil alih oleh Kazakhstan, dengan harapan wilayah Sokol telah membaik pada September nanti.

India pun diharapkan MotoGP bisa kembali masuk dalam kalender balap 2025, dan rencananya akan digelar pada bulan Maret.

Meski belum ada pernyataan resmi dari Dorna Sports, India dikabarkan akan menjadi seri pembuka.

Peran seri pembuka MotoGP telah dipegang oleh Qatar sejak 2007, kecuali pada 2023 ketika Sirkuit Lusail menjalani renovasi paddock. 

Baca juga: Ducati Mencla-mencle, Masa Depan Marc Marquez untuk MotoGP 2025 Digantung

"FIM, IRTA, dan Dorna Sports mengumumkan bahwa Grand Prix India takkan digelar pada 2024, dengan MotoGP menunda kembalinya mereka ke negara tersebut pada awal 2025 akibat pertimbangan operasional," terang pernyataan Dorna dikutip dari laman Motosan.

"Mengikuti saran dari Pemerintahan Uttar Pradesh selagi negara ini meneruskan komitmen jangka panjangnya kepada MotoGP, ajang ini akan kembali ke Buddh International Circuit pada Maret 2025, ketika kondisi cuaca diharapkan optimal untuk penonton dan para rider," bunyi keterangan promotor MotoGP.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat