androidvodic.com

Pembukaan Piala Dunia U-20 Tak Akan Semegah Pembukaan Asian Games 2018 kata Menpora - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan bahwa pembukaan Piala Dunia U-20 2021 tidak akan semewah atau semegah pembukaan ajang Asian Games 2018.

Pasalnya, federasi sepakbola dunia, FIFA tak memberikan rekomendasi untuk mengadakan pertunjukan layaknya pembukaan Asian Games 2018 silam.

“Untuk Piala Dunia U-20, tentu ini berbeda dari penyelenggara Asian Games, kalo Asian Games multievent bisa dimeriahkan dengan pembukaan. Nah, untuk pembukaan World Cup U-20 FIFA sendiri memaknainya dengan pertandingan hari pertama saja,” kata Menpora dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (20/10/2020).

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Wushu Championship 2020 secara virtual pada Sabtu (10/10/2020) malam.
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali secara resmi membuka Wushu Championship 2020 secara virtual pada Sabtu (10/10/2020) malam. (Humas Kemenpora)

Nantinya dalam pembukaan Piala Dunia U-20 hanya ada kata sambutan dari pemerintah Indonesia dan FIFA. Itu pun hanya diberi waktu selama delapan menit.

Baca juga: Aditya Putra Dewa Ambil Kurusus Kepelatihan Harus Tinggalkan Persikabo 1973

Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021 dikatakan Menpora mengarahkan kepada dirinya, PSSI serta Kementerian lainnya yang terlibat untuk mengikuti arahan FIFA.

Menpora Zainudin Amali turut menyaksikan Memorandum of Understanding (MoU) pemberian bantuan dana pelatnas dan pembinaan jangka panjang kepada cabor renang (PRSI) dan pencak silat (IPSI) di Kemenpora, Senin (12/10/2020).
Menpora Zainudin Amali turut menyaksikan Memorandum of Understanding (MoU) pemberian bantuan dana pelatnas dan pembinaan jangka panjang kepada cabor renang (PRSI) dan pencak silat (IPSI) di Kemenpora, Senin (12/10/2020). (Dok. Kemenpora)

Dengan begitu bisa dipastikan, pembukaan Piala Dunia U-20 2021 tidak akan semegah saat Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018 silam.

“Kebiasaan untuk Piala Dunia U-20 ini, pertandingan pertama itu lah pembukaannya dan Pak Presiden memutuskan kalau gitu ikuti saja apa yang diarahkan oleh FIFA,” ujar Menpora yang juga menjabat sebagai ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (Inafoc)  tersebut.  

“Tadinya kami mau kalau pertandingannya jam 7 malam, jam 4 sore sudah mulai, tapi dikhawatirkan rumput walaupun sudah pakai alas seperti Asian Games kemarin,”

Baca juga: Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Bisa Dihadiri Penonton di Stadion Itu Harapan Menpora

“Tapi, itu belum diizinkan (FIFA) juga. Jadi  kami ikut saja sehingga pemerintah menyampaikan dalam rapat, kalau memang seperti ini berarti isinya hanya membuka secara speech saja dan tidak ada atraksi apa pun,” jelasnya.

Piala Dunia U-20 rencananya dihelat pada 20 Mei – 11 Juni 2021 di enam Stadion yang ada di Indonesia.

Enam Stadion tersebut yakni, Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion I Wayan Dipta (Bali).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat