androidvodic.com

Piala Dunia U-20 2021 Batal: Pemerintah dan PSSI Putar Otak Guna Menentukan Langkah Selanjutnya - News

Laporan Wartawan News, Abdul Majid

News, JAKARTA – Federasi Sepakbola Dunia (FIFA) telah mengumumkan pembatalan Piala Dunia U-20 yang semula dijadwalkan bergulir di Indonesia pada Mei 2021.

Keputusan tersebut pun membuat pemerintah dan PSSI kini memutar otak guna menentukan langkah selanjutnya. Pasalnya, sejumlah anggaran sudah digunakan baik untuk persiapan Timnas maupun renovasi venue.

Khusus untuk persiapan Timnas Indonesia U-19 di mana PSSI yang menjadi penanggung jawabnya, Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan dirinya bakal berkoordinasi dengan Kemenpora terkait anggaran.

Ia pun menyatakan kesiapannya apabila anggaran yang bersumber dari APBN untuk persiapan Timnas U-19 dihentikan oleh pemerintah.

“Oh iya siap (anggaran APBN dihentikan-red). Itu jadi tanggung jawab PSSI untuk membina dan membiayai semua operasional Timnas baik itu senior, U-23, U-19, U-16 dan women. Sebelumnya juga PSSI yang membiayai,” kata Yunus Nusi di Hotel Fairmont, Sabtu (26/12/2020).

“Alhamdulillah kami dapat dukungan dari Kemenpora dan sesegera juga saya ditugaskan oleh Ketum (Mochamad Iriawan) untuk koordinasi dengan Kemenpora untuk bahas tentang laporan pertanggungjawaban anggaran kemudian untuk anggaran selanjutnya,” sambungnya.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kemenpora sebelumnya telah memberikan anggaran kepada PSSI untuk persiapan Timnas U-19 menuju Piala Dunia U-20 2021 sebesar Rp 50,9 miliar.

Lebih lanjut, untuk membahas masalah tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali sebelumnya mengatakan pihaknya bersama PSSI dan Kementerian lain yang terlibat dalam persiapan Indonesia menjadi host Piala Dunia U-20 akan mengadakan rapat pada pekan depan.

Pembahasan rapat nanti antara lain: penjelasan lengkap tentang penundaan event tersebut, up date dan kelanjutan renovasi sejumlah stadion dan lapangan latihan serta update dan kelanjutan pembinaan Timnas yang sudah dipersiapkan.

“Saya telah melaporkan keputusan FIFA tersebut kepada Menko PMK. Langkah terdekat yang segera akan dilakukan adalah mengadakan rapat koordinasi pada awal minggu depan yang akan dipimpin langsung oleh Menko PMK dan akan mengundang semua pihak terkait, baik unsur Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta PSSI,” jelas Menpora.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat