androidvodic.com

Sederet Pelatih Calon Pengganti Shin Tae-yong Menyusul Rekomendasi TGIPF Minta Iwan Bule Mundur - News

Sederet Pelatih Calon Pengganti Shin Tae-yong Menyusul Rekomendasi TGIPF Minta Iwan Bule Mundur

News - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong secara terbuka menyatakan akan mundur dari posisinya jika Ketua Umum PSSI harus mundur sebagai bentuk tanggung jawab atas Tragedi Kanjuruhan.

Belakangan, potensi Shin Tae-yong melepas posisinya itu makin besar seiring munculnya rekomendasi dari Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang mendesak PSSI bertanggung jawab atas tragedi yang terjadi.

TGIPF Tragedi Kanjuruhan yang diketuai Menko Pulhukam, Mahfuda MD itu merekomendasikan agar semua pengurus PSSI mundur sebagai bentuk tanggung jawab. 

TGIPF juga merekomendasikan digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI untuk menentukan pengurus baru asosiasi sepakbola nasional tersebut.

Baca juga: Rekomendasi TGIPF: Seluruh Jajaran PSSI Mundur Termasuk Iwan Bule Kalau Tidak Izin Liga 1 Tak Diberi

Baca juga: TGIPF Rekomendasikan Semua Petinggi PSSI Mundur, Menpora: Hati-hati Intervensi, Jangan Tabrak FIFA

Terkait itu, Shin Tae-yong sudah menyatakan akan pamit dari kursi pelatih timnas Indonesia jika Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan akhirnya mundur.

Pernyataan kontroversial itu merupakan babak terbaru dari saga Tragedi Kanjuruhan yang menghantam sepakbola Indonesia sejak 1 Oktober lalu.

Shin Tae-yong harus diakui telah membuat publik Indonesia bahwa tim Merah Putih dapat kembali ke jalur kejayaan.

Hampir tiga tahun menangani tim Garuda, Shin Tae-yong berhasil membawa sederet prestasi seperti runner-up Piala AFF 2020, serta kelolosan ke Piala Asia U-20 dan senior 2023.

Namun pernyataan Shin Tae-yong yang membela Iwan Bule telah melukai sebagian pencinta sepakbola, terutama korban Tragedi Kanjuruhan.

Roda sepak bola akan terus bergulir, dengan atau tanpa pelatih pujaan dari Korea Selatan itu.

Oleh karena itu, ulasan dari lansiran BolaNas, menyebut sederet pelatih yang "available" andai Shin Tae-yong benar-benar hengkang.

Di dalam daftar ini terdapat eks pelatih Paris Saint-Germain, tetapi bukan Mauricio Pochettino, melainkan Luis Fernandes.

Nama tenar seperti Thomas Tuchel atau Zinedine Zidane sedang menganggur, tetapi tampak tak realistis bagi PSSI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat