androidvodic.com

Solusi Local Pride, Deretan Pelatih Lokal Calon Pengganti Shin Tae-yong Jika Mundur dari Timnas - News

Solusi Local Pride, Deretan Pelatih Lokal Calon Pengganti Shin Tae-yong Jika Benar Mundur dari Timnas

News - Kiprah Timnas Indonesia di berbagai ajang kejuaraan mendapat tantangan non-teknis, terutama terkait situasi dan kondisi internal PSSI, selaku induk sepakbola nasional.

Hal itu merujuk pada hasil rekomendasi Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan yang meminta seluruh pengurus PSSI saat ini untuk mundur sebagai bentuk tanggung jawab moral.

Tekanan besar terhadap PSSI itu berimbas pada situasi ruang ganti Timnas Indonesia lantaran pelatih Shin Tae-yong menyatakan akan juga mundur jika Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan melepas posisinya.

Baca juga: Sederet Pelatih Calon Pengganti Shin Tae-yong Menyusul Rekomendasi TGIPF Minta Iwan Bule Mundur

Baca juga: Tangan Kanan Shin Tae-yong: Pernyataan Siap Mundur Kontroversial Tapi Keluar dari Hati Tanpa Tekanan

Pernyataan Shin Tae-yong itu kontroversial dan memecah publik sepakbola nasional menjadi dua kubu. Ada yang menggaungkan #STYOut namun tak sedikit yang menyuarakan #STYStay.

Kondisi internal Timnas Indonesia makin menantang lantaran agenda padat yang dihadapi skuad Garuda di berbagai kelompok usia dalam waktu dekat.

Untuk level usia U-20, Timnas Indonesia U-20 akan menjalani ajang Piala Dunia U-20 2023. Pada kelompk usia U-23, Timnas U-23 Indonesia juga akan berlaga di SEA Games 2023.

Jadwal kedua ajang ini berdekatan.

SEA Games 2023 dijadwalkan bergulir pada 5-17 Mei 2023 di Kamboja, cuma selang beberapa hari sebelum Piala Dunia U-20 dimulai.

Baca juga: PSSI Cuma Tunduk ke FIFA, Pemerintah Tak Bisa Intervensi KLB, Apa Langkah Presiden Jokowi ke Gianni?

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon angkat bicara terkait pernyataan Shin Tae-yong di Instagram yang siap mundur jika Ketum PSSI mundur.
Asisten pelatih Timnas Indonesia, Yoo Jae-hoon angkat bicara terkait pernyataan Shin Tae-yong di Instagram yang siap mundur jika Ketum PSSI mundur. (Instagram @pace_yoojaehoon)

Untuk level senior, Timnas Indonesia akan menghadapi ajang Piala Asia 2023 pada 16 Juni-16 Juli 2023.

Jika Shin Tae-yong benar mundur, maka persiapan Timnas Indonesia pasti akan terganggu.

Diketahui, posisi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia adalah bersifat 'manager' di semua level usia.

Publik tentu mengharapkan agar Shin Tae-yong melanjutkan hasil kerjanya di Timnas Indonesia yang sejauh ini dinilai sangat progresif.

Namun, seperti susah ditebak, situasi di PSSI bisa bergejolak secara cepat sewaktu-waktu terkait perkembangan penanganan Tragedi Kanjuruhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat