androidvodic.com

Tampil Apik bersama Ansan Greeners, Asnawi Mangkualam Diincar Tim Kasta Tertinggi Korea Selatan - News

News - Fullback andalan Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam menjadi bidikan tim kasta tertinggi Liga Korea Selatan (K League 1).

Diwartakan Jurnalis K League, Ross Davis, nama Asnawi Mangkualam diincar Jeju United tim yang bermain di K League 1.

Jeju United saat ini berada di peringkat 5 klasemen K-League 1 dengan raihan 52 poin dari 38 pertandingan.

Baca juga: Live Skor Hasil Persib vs Persija di Liga 1: Tanpa Klok, Abdul Aziz Sulap Lini Tengah si Maung

"Asnawi Mangkualam yang bermain di k2 dengan Ansan Greeners sedang dikaitkan dengan kepindahan ke K League 1 dengan Jeju."

"Jeju bersedia untuk mengisi kuota pemain Asia mereka jika mereka membawanya masuk," kata Ross Davis di Twitter resminya pada Rabu (11/1/2023).

"Asnawi tentu layak bermain di sana mengingat penampilannya di K2," tegasnya.

Kontrak Asnawi sendiri bersama Ansan Greeners sebenarnya masih tersisa hingga akhir 31 Desember 2023.

Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Meski unggul jumlah pemain, Timnas Indonesia berhasil ditahan Thailand dengan skor 1-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Pesepak bola Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand dalam pertandingan Grup A Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (29/12/2022). Meski unggul jumlah pemain, Timnas Indonesia berhasil ditahan Thailand dengan skor 1-1. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Baca juga: Jadwal Liga 1 Pekan 18 Live Indosiar: Persija vs Bali United, Persib vs Bhayangkara FC

Namun terdapat klausul yang berisikan Asnawi dapat pindah dengan klub Korea Selatan lainnya yang lebih baik untuk perkembangan pemain.

Pemain yang namanya dibesarkan oleh PSM Makassar itu memang terus menunjukkan perkembangan bersama Ansan Greeners.

Sempat kesulitan menembus tim inti di musim perdananya, kini ia menjadi andalan Ansan sebagai bek kanan.

Ia sudah mencatatkan 40 penampilan bersama tim kasta kedua Liga Korea Selatan itu dengan mencatatkan 2 gol dan 3 assist.

Asnawi muda sebenarnya adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan, ia bergeser menjadi bek kenan berkat kejelian Indra jafri yang saat itu masih melatih Timnas U-23.

Indra berpendapat bahwa Asnawi terlalu riskan jika bermain di tengah, ia teralu sering melakukan pelanggaran berbahaya yang dapat memberi kesempatan kepada lawan lewat set piece.

Berkat etos kerja dan kecepatan yang ia miliki, Asnawi pun diberi peran oleh Indra SJafri untuk bermain sebagai full back kanan.

Hasilnya pun ciamik, sempat merasa keberatan, kini, performa Asnawi telah melejit hingga akhirnya membawa dirinya bermain di kasta kedua Liga Korea bersama Ansan Greeners FC dan menjadi tumpuan Timnas Indonesia.

"Saya sempat menolak. Saya merasa tidak bisa dan belum pernah bermain di posisi itu (bek kanan),” kata Asnawi dilansir laman PSSI pada 17 Mei 2020.

"Pelatih Indra Sjafri selalu memberikan motivasi untuk saya. Akhirnya memang saya dicoba terus-menerus di posisi baru," lanjutnya.

(News/Deivor)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat